Iklan Banner Sukun
Ekbis

Sarang Burung Walet Asal Gresik Diekspor ke Hongkong

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 30 kilogram sarang burung walet dan 1.200 botol minuman olahan air liur burung walet asal Gresik diekspor ke negara Hongkong. Total senilai Rp 900 juta.

Uli Darojah salah satu pelaku usaha UMKM asal Gresik yang membudidayakan sarang burung walet mengatakan, dirinya melakukan ekspor bermula saat bergabung di asosiasi. Kemudian bertemu dengan orang bea cukai. Selanjutnya difasilitasi dengan para buyer untuk mempresentasikan produknya.

“Produk sarang burung walet dan olahan minuman yang saya presentasikan diterima oleh para buyer Hongkong. Setelah ekspor ke negara tersebut. Kami juga menjajaki ekspor ke Singapura,” kata pemilik produk birdnestjoy
Jumat (22/10/2021).

Masih menurut Uli Darojah, selain memasarkan sarang burung walet, dirinya juga mengelolah minuman olahan dari sarang burung walet. Ide pembuatan tersebut karena potensi pasarnya sangat besar.

“Dengan mengemas menjadi minuman olahan, produk sarang burung tidak hanya dinikmati kalangan atas tapi juga kalangan menengah,” paparnya.

Ditanya kendala membudidayakan sarang burung walet selama ada pandemi covid-19, Uly Darojah menuturkan, kendalanya tidak ada. Sebab, selama ini kapasitas produksinya masih mencukupi. Bahkan, pihaknya sampai mencari diluar Gresik jika ordernya overload.

“Di Gresik kami mengambilnya di dua kecamatan. Yakni, Sidayu dan Ujungpangkah yang menjadi sentra budidaya sarang burung walet,” ungkapnya.

Sementara Ketua Deskranada Kabupaten Gresik Nurul Haromain Yani mengatakan, pihaknya terus mendorong pelaku usaha UMKM agar naik kelas di tengah pandemi.

“Sebagai tindak lanjutnya dalam waktu dekat kami akan membuka klinik konsultasi bagi pelaku UMKM yang mau memasarkan produknya ke pasar luar negeri tepatnya di Poedak Gallery,” katanya.

Di klinik tersebut lanjut dia, ada konsultasi pengurusan izin ekspor. Bagaimana packaging-nya supaya menarik dan masih banyak lagi.

“Mudah-mudahan dengan adanya klinik itu banyak pelaku UMKM asal Gresik naik kelas. Produknya bisa tembus di pasar luar negeri,” pungkasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar