Ekbis

Sambut Ramadan, Ratusan Nelayan Gresik Cat Perahu Hias

Gresik (beritajatim.com)– Menyambut Bulan Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi. Ratusan nelayan asal Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, mengecat perahu hias secara beramai-ramai.

Ketua Rukun Nelayan Pangkahkulon, Muhammad Latief mengatakan, perahu yang dihias ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan agar kehilatan indah sekaligus bisa digunakan ngabuburit mengingat di desanya ada wisata suaka burung, dan hutan mangrove.

“Kegiatan menghias perahu ini agar pengunjung yang datang saat ngabuburit di Bulan Ramadan antusiasnya terus meningkat,” katanya, Kamis (2/05/2019).

Menurut Latief, dengan dihias beramai-ramai diharapkan juga bisa meningkatkan keekonomian nelayan. Pasalnya, dengan dihias dengan cat yang baru nelayan melautnya lebih bersemangat lagi karena perahu yang digunakan dicat berwarna-warni.

Sementara itu, salah satu perusahaan cat skala nasional PT Seiv Indonesia yang men-support kegiatan pengecatan perahu nelayan. Branch Manager Irman Choiruddin menyatakan pihaknya menggandeng nelayan melalui program CSR-nya dengan supaya nilai ekonominya meningkat saat menjelang Ramadan.

“Ini keduanya kalinya kami menggandeng komunitas nelayan dengan melibatkan 100 perahu,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari jumlah tidak semuanya dicat. Sebab, ada sebagian nelayan yang masih melaut. Kendati demikian, sebagian besar nelayan sangat antusias perahunya dicat dengan warna yang baru.

Ditanya mengenai mengenai target penjualan dengan membidik komunitas nelayan. Dijelaskan Irman, pihaknya memilih nelayan guna mem-branding produknya apalagi menjelang Bulan Ramadan.

“Di bulan itu biasanya masuk peak season permintaan cat. Ditambah Gresik memberi konstribusi 35 persen dari total penjualan di Jatim,” ungkapnya.

Tahun lalu produsen cat tersebut average per bulan penjualannya mencapai 48 ton. Tahun ini ditarget bisa naik lagi menjadi 54 ton ton setiap bulannya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar