Iklan Banner Sukun
Ekbis

Saking Ketatnya, Manajemen Perusahaan Ini Sampai Pasang Kamera di Toilet Demi Awasi Karyawan

Surabaya (beritajatim.com) – Menghabiskan waktu delapan jam di tempat kerja tentu sangat melelahkan. Jam istirahat jadi waktu paling personal yang bisa didapatkan di tempat kerja.

Tetapi, sebuah perusahaan di China mendapat kecaman karena memasang kamera pengintai di atas bilik toilet. Kecaman muncul lantaran perusahaan ini dinilai sudah keterlaluan dalam mengawasi karyawannya.

Dilansir dari odditycentral.com, penggunaan toilet selama jam kerja telah menjadi topik kontroversial di China hingga hari ini. Beberapa waktu lalu juga ada pemberitaan tentang perusahaan yang memotong gaji karyawan karena menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet.

Berita lain, ada perusahaan yang mendenda pekerja karena menggunakan toilet lebih dari sekali dalam sehari.  Bahkan ada perusahaan yang memasang timer di bilik toiletnya.

Tetapi tidak satu pun dari contoh-contoh itu yang mendekati “keparahan” salah satu perusahaan teknologi di Xiamen, Provinsi Fujian. Perusahaan ini dilaporkan memasang kamera di atas bilik kamar mandi karyawan untuk memantau penggunaan telepon selama jam istirahat.

Foto-foto yang diambil dari rekaman kamera kamar mandi baru-baru ini beredar di media sosial China, di mana mereka dengan cepat menjadi viral. Tidak lama kemudian seseorang mengenali latar belakang sebagai kamar mandi China Aviation Lithium Battery Technology Co., Ltd. di Xiamen, sebuah perusahaan milik negara yang mengkhususkan diri dalam produksi baterai lithium.

Foto-foto yang beredar online juga menampilkan “tindakan korektif” yang diduga disarankan oleh departemen sumber daya manusia. Rupanya, dua karyawan dipecat, dan yang ketiga diganjar dengan hukuman berat dan skor kinerja bulanan mereka dipotong menjadi nol.

Setelah foto menjadi viral dan kantor berita mulai menghubungi China Aviation Lithium Battery Technology Co., Ltd. untuk klarifikasi, perusahaan mengeluarkan pernyataan dan mengakui foto yang bocor telah direkam oleh sistem pengawasannya.

Namun, ditambahkan bahwa kamera tersebut baru dipasang tahun ini dengan tujuan tunggal untuk memantau merokok di toilet perusahaan. Memang benar bahwa dua orang yang ditampilkan dalam foto tampak memegang rokok yang menyala di tangan mereka, tetapi sekali lagi, mereka semua juga menggunakan smartphone mereka.

Bagaimanapun, penjelasannya tidak banyak menenangkan kericuhan yang terjadi di media sosial. Terlepas dari motif perusahaan, untuk sebagian besar masyarakat, memasang kamera pengintai di bilik toilet sama sekali tidak dapat diterima.

“Ya Tuhan! Bagaimana dengan privasi?” tanya seorang pengguna Weibo.

“Mereka memperlakukan orang seperti binatang, tanpa rasa hormat dan kemanusiaan sedikit pun,” komentar orang lain.

Brigade Pengawasan Keamanan Tenaga Kerja Distrik Xiamen Xiang’an dikatakan sedang melakukan penyelidikan dalam kasus ini, tetapi para ahli hukum mengklaim bahwa perusahaan tersebut perlu dimintai pertanggungjawaban. Pemasangan kamera di area non-publik toilet sangat melanggar privasi karyawan. [adg/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev