Iklan Banner Sukun
Ekbis

Rumah Vokasi Solusi Tekan Pengangguran Terbuka di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Keberadaan rumah vokasi sangat dinantikan masyarakat Gresik yang ingin meningkatkan kompetensi di sektor tenaga kerja. Selain meningkatkan skill, rumah vokasi yang digagas oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Gresik, juga untuk menciptakan enterpreneurship bagi lulusan SMA, SMK maupun perguruan tinggi.

Ketua Kadin Gresik Choirul Rizal menuturkan, nantinya rumah vokasi yang baru beroperasi ini juga dijadikan kantor bersama yang siap menciptakan tenaga kerja siap pakai sekaligus berjiwa enterpreneurship. “Kantor vokasi yang digagas oleh Kadin, Apindo dan Hipmi Gresk siap menekan pengangguran melalui pelatihan dan keterampilan kerja,” tuturnya, Jumat (24/06/2022).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, adanya rumah bersama ini juga untuk mengatasi pengangguran. Ini karena pengangguran di Kabupaten Gresik masih tinggi. “Rumah vokasi adalah solusinya mengingat para lulusan SMA, SMK maupun perguruan tinggi skill dan kompetensinya ditingkatkan melalui pelatihan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir membuka rumah vokasi di vokasi menyatakan nantinya pelatihan dan pendidikan SMK di area industri diarahkan ke lebih spesifik lagi terkait adanya rumah vokasi. “Rumah vokasi di Gresik bisa menjadi percontohan bagi daerah kabupaten/kota di Jawa Timur, guna mengatasi pengangguran terbuka,” pungkasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar