Ekbis

Ribuan Warga Jember Antusias Pesan Uang Kertas Rp 75 Ribu

Salah satu warga menunjukkan uang Rp 75 ribu.

Jember (beritajatim.com) – Warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, antusias datang ke Kantor Bank Indonesia untuk memperoleh uang kertas Rp 75 ribu yang merupakan uang kertas edisi khusus HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Sebanyak 1.500 orang sudah memesan uang tersebut selama 10 hari ke depan hingga 3 September 2020.

“Waktu pembukaan aplikasi (pendaftaran) pertama kali pada 17 Agustus 2020 jam 00.00 WIB, ternyata di seluruh kantor perwakilan menunjukkan bahwa preorder sampai hari terakhir periode itu sudah fully booked, sampai tanggal 3 September sudah penuh semua,” kata Pemimpin Kantor BI Perwakilan Jember Hestu Wibowo, Rabu (19/8/2020).

Setiap hari di Kantor Perwakilan BI Jember dibuka 150 nomor antrean. “Kemarin kebetulan kuotanya full 150 orang. Tapi kami tunggu sampai 11.30 WIB, masyarakat yang menukar hanya 121 orang. Jadi ada 29 orang yang kuotanya tidak dimanfaatkan, sayang sekali,” kata Hestu.

“Ini uang khusus commemorative untuk merayakan peristiwa tertentu secara nasional. Bank Indonesia sudah keempat kalinya mengeluarkan uang commemorative. Sebelumnya untuk memperingati 25 tahun kemerdekaan RI, 45 tahun kemerdekaan RI, dan 50 tahun kemerdekaan RI,” kata Hestu.

BI kemudian memperpanjang pendaftaran untuk memperoleh uang kertas Rp 75 ribu itu sampai 30 September 2020. “Mulai tadi malam jam 00.00 sudah dibuka sistemnya. Silakan pilih hari-hari kerja sepanjang September,” kata Hestu.

Hestu mengatakan, uang khusus Rp 75 ribu itu adalah alat pembayaran yang sah. Namun commemorative coin ini dicetak terbatas hanya sekali sebanyak 75 juta lembar. Uang itu dipesan terlebih dulu oleh warga melalui aplikasi online BI Pintar. Satu orang hanya diperbolehkan menukar satu lembar Rp 75 ribu ini dengan menggunakan kartu tanda penduduk.

“Uang ini tidak akan dicetak ulang lagi. Uang khusus ini sayang untuk dibelanjakan, jadi sebaiknya uang itu digunakan sebagai souvenir, menjadi koleksi, dan joy of the people, kebanggaan kita semua,” jelas Hestu.

Sri Pujiastutik, warga Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, mengatakan, tak akan membelanjakannya. “Eman, buat koleksi saja. Ini kan cuma sekali ini ada uang Rp 75 ribu. Ini momen terpenting,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar