Ekbis

Ratusan Karyawan Petrokimia Gresik Donorkan Plasma Konvalesen

Ratusan karyawan perusahaan BUMN, PT Petrokimia Gresik (PG) Donor Plasma Konvalesen

Gresik (beritajatim.com) – Penyitas Covid-19 di Kabupaten Gresik terus mendonorkan plasma konvalesen-nya guna membatu pasien yang terkonfirmasi positif.

Kali ini giliran ratusan karyawan perusahaan BUMN, PT Petrokimia Gresik (PG) juga melakukan hal serupa untuk mendukung program pemerintah memerangi Covid-19 serta memulihkan kondisi perekonomian.

Ada 300 penyitas Covid-19 karyawan PG yang mendonorkan plasma konvalesen di PMI Cabang Gresik. Aksi sosial ini juga dari rangkaian program Kementrian BUMN yang dilakukan secara serentak.

Muhammad Salahudin (28) salah satu penyitas Covid-19 yang juga karyawan PG menuturkan, dirinya berharap apa yang dilakukan ini bisa bermanfaat bagi pasien terkonfirmasi positif yang sedang berjuang agar bisa pulih kembali.

“Saya mengajak sesama penyintas yang sudah sembuh untuk segera mendonorkan plasmanya,” tuturnya, Selasa (9/02/2021).

Masih menurut Salahudin, dirinya juga mengapresiasi apa yang diinisasi oleh Kementerian BUMN. Pasalnya, aksi sosial ini sangat membantu meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia.

“Meski baru dimulai, aksi ini bisa membantu kesembuhan pasien yang sedang menjalani perawatan medis,” ujarnya.

Secara terpisah, Dirut PG Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, terkait dengan aksi sosial ini perusahaannya menggandeng PMI Cabang Gresik turut bagian menggerakan donor plasma konvalesen.

“Ini bagian dari salah satu core value yang dimiliki Petrokimia Gresik sebagai perusahaan BUMN. Selain menjaga ketahanan pangan nasional, juga diberi amanah untuk membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan pendonor ini dapat menginspirasi penyintas Covid-19 lainnya untuk mendonorkan plasmanya, sehingga gerakan ini berkelanjutan dan menyebar kepada masyarakat lebih luas lagi.

“Kami berharao penyintas lain yang sudah sembuh untuk mendonorkan plasma guna meningkatkan rasio kesembuhan penderita Covid-19. Pasalnya, permintaan plasma sangat tinggi dan tidak sebanding dengan jumlah plasma yang dapat dikumpulkan dari sejumlah penyintas Covid-19,” imbuhnya.

Secara terpisah, Kepala Unit Transfusi Darah (UPTD) PMI Cabang Gresik, dr Jufrita menyatakan pihaknya sangat terbantu dengan adanya tambahan penyitas dari karyawan PG yang mendonorkan plasma-nya.

“Semula kami kami bisa mendapatkan 500 bag plasma konvalesen. Tapi, dengan adanya tambahan ini bisa bertambah lagi karena masih banyak dibutuhkan pasien yang terkonfirmasi positif,” pungkasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar