Ekbis

Rangkul Karyawan Kena PHK, BPJAMSOSTEK Kediri Adakan Program Vokasi Pelatihan

Kediri (beritajatim.com) — Tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Kediri memiliki program vokasi atau pelatihan kerja bagi para pekerja yang mengalami putus kontrak kerja atau pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal itu bertujuan agar para pekerja bisa belajar kembali meningkatkan kemampuan maupun keahlian.

Dalam mengadakan pelatihan kerja nantinya, BP JAMSOSTEK Kediri akan menggandeng balai Latihan Kerja Baik (BLK) baik milik pemerintah maupun swasta. Sementara bidang ketrampilan yang akan diberikan kepada peserta disesuaikan dengan kebutuhan.

Program tersebut akan menjadi bekal peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang disesuaikan dengan rancangan besar program pemerintah. BPJAMSOSTEK melalui peraturan Menteri Keuangan, ditunjuk menjadi salah satu penyelenggara vokasi, karena dinilai relevan dan erat dengan bisnis yang diselenggaran.

“Masa pelatihan maksimal selama 30 hari dengan jumlah peserta sesuai pembagian kuota Nasional. Sementara seluruh pembiayaan pelatihan berasal dari BPJAMSOSTEK. Program ini diprioritaskan bagi pekerja yang mengalami phk atau putus kontrak kerja,” kata Agus Suprihadi, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Kediri, Jumat (3/1/2020).

Bagi pekerja yang tertarik menjadi peserta vokasi ini syaratnya sangat mudah. Pertama, mereka harus berstatus WNI dan menjadi peserta penerima upah BPJAMSOSTEK, utamanya mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu kepesertaan di bpjamsostek minimal satu tahun atau 12 bulan. [nng/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar