Ekbis

Puluhan Mahasiswa Vokasi se-Indonesia Belajar Magang di Produsen Pupuk Terbesar

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan mahasiswa vokasi se-Indonesia melalui program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) yang berasal dari Politeknik Negeri Lampung, serta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta, Magelang, Malang, Bogor, Gowa, dan Medan, belajar magang di produsen pupuk terbesar PT Petrokimia Gresik (PG).

Mereka belajar magang selama enam bulan. Selama magang, mahasiswa PMMB yang terpilih itu juga dibekali skill, insting, dan bersertifikat.

“Ada 41 peserta yang masuk ke dalam PMMB yang nantinya disiapkan sebagai calon tenaga kerja berkompeten, dan bersertifikat di bidang pertanian,” ujar Dirut PT Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi, Rabu (11/02/2020).

Ia menambahkan, tahap awal di PMMB ini difokuskan pada penyiapan skill pemasaran, dan penjualan untuk mengasah insting peserta yang mayoritas berasal dari jurusan penyuluh pertanian berkelanjutan.

“Saat magang peserta PMMB ini langsung diterjunkan ke wilayah pemasaran PG, dan dibimbing oleh staf perwakilan daerah penjualan atau SPDP,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementrian Pertanian (Kementan) Idha Widi Arsanti mengatakan, sinergi ini bisa menjadi role model bagi generasi muda. Khususnya, di dunia enterprenuer pertanian.

“Ini bisa role buat kedepannya, mendorong generasi muda kembali ke dunia pertanian melalui program vokasi,” ungkapnya.

Salah satu peserta PMMB, Aldi Widiyanto (21) asal Polbangtan Bogor menyatakan kegiatan magang ini sangat luar biasa sekaligus sebagai mengaplikasikan ilmu di sektor enterprenuer pertanian.

“Usai menjalani magang selama enam bulan. Saya berkeinginan terjun menggeluti agrobisnis hortikultura,” pungkasnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar