Ekbis

PTPN XII Tahun Ini Upayakan Giling Hingga 777 Ribu Ton Tebu 

Surabaya (beritajatim.com) – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII  berharap musim giling yang akan dimulai minggu ke 3 Juni mendatang,  PT Industri Gula Glenmore (IGG) akan mampu menggiling tebu hingga 777 ribu ton tebu.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PTPN XII, M Cholidi ini adalah tahun ke 5 anak perusahaan mereka IGG melakuka giling tebu dan jumlahnya terus bertambah seiring dengan peningkatan produksi tebu mereka.

“Dari jumlah tebu tersebut, ditargetkan akan menghasilkan gula sebanyak 65.000 ton. Dengan rendeman tebu mencapai 8 persen. Jumlah itu lebih banyak atau meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena sudah sesuai dengan kapasitas PG IGG,” jelasnya.

Dikatakan, kapasitas IGG mencapai 6.000 Ton Cane Day (TCD). Dan tahun ini kami realisasikan, sesuai kapasitas. Sementara itu, pada tahun sebelumnya, kapasitas PG IGG yang terpakai masih 4.000 TCD. Untuk mendukung target tebu yang digiling, PTPN XII menggunakan tebu yang sekitar 80 persen dari kebun sendiri. Hanya sekitar 20 persen yang menggunakan tebu rakyat.

Menurut Cholidi, PTPN XII memiliki luasan lahan tebu seluas 9.500 an hektar. Namun untuk IGG hanya menggunakan hasil dari lahan tebu sekitar 8.500 an yang ada di wilayah Jember dan Banyuwangi.

“Sementara sisanya yang ada di daerah Kediri dan sekitarnya, hasil tebunya untuk PTPN XI,” beber Cholidi.

PT IGG atau PG Glenmore merupakan PG hasil kolaborasi antara PTPN XII (99,5 persen) dan PTPN XI (0,5 persen). Dibangun di tahun 2015 dan mulai uji coba produksi di tahun 2016-2017.[rea/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar