Ekbis

PT SPIL Kembali Dukung Upaya Putus Penyebaran Virus Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) kembali aktif dalam upaya pemutusan rantai penyebaran virus Covid-19. Melalui program CSR yang dimiliki, kini SPIL berpartisipasi dalam perlombaan Kampung Asik di Kecamatan Asemrowo.

Lomba Kampung Asik adalah lomba yang melibatkan 17 RW di Kecamatan Asemrowo untuk meraih nominasi Satgas Kampung Tangguh terbaik. Kategori yang dilombakan yaitu Kampung Satgas Wani Jogo, Kampung Satgas Wani Sejahtera, Kampung Satgas Wani Sehat, Kampung Satgas Wani Ngandani, dan Roadshow Terbaik.

Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai yang dapat digunakan sebagai biaya instalasi wifi untuk kampung mereka. SPIL menyadari di masa seperti ini, internet mulai menjadi kebutuhan primer, khususnya untuk anak-anak yang masih bersekolah atau para pekerja yang sedang work from home (WFH).

“Selain bantuan biaya instalasi wifi, nantinya PT SPIL juga akan membantu dalam proses pembuatan video yang menjelaskan standar Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo. Percontohannya dari 5 RW pemenang. Tujuannya untuk mengedukasi kampung lain terutama di Kecamatan Asemrowo untuk dapat meniru kampung terbaik ini” ujar Danny Setiawan, Head of Corporate Communication PT SPIL terkait penerimaan Hadiah Lomba Kampung Asik Asemrowo di kantor Kecamatan Asemrowo, Selasa (3/11/2020).

Selama masa pandemi Covid-19 ini, PT SPIL sebenarnya sudah beberapa kali memberikan pendampingan. Dimulai pada Agustus lalu, PT SPIL mengadakan pelatihan bisnis logistik yang bisa dijalankan masyarakat sebagai tambahan pendapatan selama masa sulit ini.

Selain itu PT SPIL juga telah membantu membuatkan video tutorial pembuatan Gemar (Gerakan masyarakat) wedang rempah yang kemudian disebarkan ke kampung-kampung. Melalui video tersebut diharapkan masyarakat bisa membuat dan mengonsumsi wedang rempah yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Camat Asemrowo, Bambang Udi Ukoro mengatakan, lomba yang berlangsung selama dua pekan ini telah mendapatkan dukungan penuh dari beberapa pihak.

”Perwakilan Kapolsek Asemrowo, Kodim, Surabaya Digital City (SDC), Puskesmas Asemrowo, dan PT SPIL turut menjadi dewan juri pada perlombaan ini,” kata Bambang.

Dari pemenang yang sudah ditentukan nantinya akan dibuatkan video tutorial bagaimana menciptakan Kampung Tangguh empat Wani tadi dalam menghentikan penyebaran virus Covid-19 di lingkungannya.

”Nantinya video yang dibuat akan kami bagikan ke kampung-kampung yang lain sehingga semua kampung di wilayah Kecamatan Asemrowo bisa tangguh menghadapi pandemi ini,” sambungnya.

Sementara itu Ketua RW 04, Kelurahan Tambak Sarioso yang dinobatkan sebagai pemenang roadshow alias pemenang favorit mengatakan seluruh pengurus RT dan warga di RW yang dipimpinnya mendukung sepenuhnya untuk menjadi Kampung Tangguh.

Saat ada yang reaktif dan harus isolasi mandiri, warga yang lain tidak lantas mengucilkan. Malah mereka memberikan dukungan dengan menyuplai makanan kepada keluarga yang harus isolasi mandiri. ”Bahkan ada anak kos di salah satu RT yang juga isolasi mandiri, walaupun tidak ber-KTP sini juga kami bantu,” ujar Rozak.

Pengurus RT dan RW juga terus memberikan pengarahan kepada seluruh warga mengenai apa itu Covid-19. Sarana cuci tangan juga disediakan di beberapa titik dan satu sama lain terus mengingatkan untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak. (ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar