Ekbis

PT Lautan Natural Krimerindo Beri Pelatihan Kewirausahaan UMKM

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi semua aspek kehidupan masyarakat. Di antaranya dalam bidang kesehatan dan ekonomi. Masyarakat dan pelaku usaha mikro yang terdampak langsung pandemi ini mengalami penurunan ataupun kehilangan pendapatan.

Berkolaborasi dengan anak usahanya, PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) dengan salah satu produknya FiberCreme dan Habitat Indonesia mengadakan pelatihan Kewirausahaan di Tengah Pandemi Covid-19 melalui pelatihan usaha makanan dan minuman bagi masyarakat dan pelaku usaha mikro terdampak pandemi.

Seluruh tahapan pelatihan dari pendaftaran, seleksi peserta dan pelatihan kewirausahaan tersebut diadakan secara daring sejak tanggal 15 September 2020 dan berakhir tanggal 20 Januari 2021.

Pelatihan diikuti oleh 200 orang peserta hasil seleksi dengan materi pelatihan berupa pelatihan memasak dan teknik fotografi makanan dari FiberCreme serta pemasaran masakan dan minuman di jejaring online melalui mitra GrabFood.

Setiap peserta mendapatkan bantuan pembelian bahan baku dan pulsa untuk mendukung kegiatan ini. Pelatihan juga diharapkan menjadi modal dan inspirasi bagi peserta yang terdampak pandemi untuk dapat memproduksi makanan yang enak bisa sehat dengan bahan yang sederhana.

Selain mengikuti pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang diterima melalui kompetisi penjualan. Peserta dengan omset terbanyak dari tanggal 12 Desember 2020 sampai dengan 15 Januari 2021 akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp.15.000.000,-, Pemenang kedua sebesar Rp. 10.000.000,- Ketiga sebesar Rp. 7.000.000,- dan tujuh besar pemenang harapan masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.000.000,-

Pelatihan yang dilakukan selama 3 bulan tersebut akhirnya menghasilkan para pemenang diantaranya Juara 1 Rahma Wati (akun GrabFood: Nyow Dessert – Ciomas Rahayu), Juara 2 Ari Kartikasari (akun GrabFood: Boutique A – Gandul), Juara 3: Eska Kristie Anggrainy.

Hendrik Gunawan, Direktur PT Lautan Natural Krimerindo mengatakan “Dalam masa pandemi ini, PT LNK banyak melakukan kegiatan untuk mendukung para pelaku bisnis makanan dan minuman yang terdampak pandemi melalui program FiberCreme Inside. Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini pun merupakan perwujudan dari dukungan kami untuk UMKM makanan dan minuman. Melalui salah satu produk kami, FiberCreme, kami berharap bisa memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi pelaku usaha, ” ungkapnya.

Di masa pandemi, banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan sementara mereka diminta di rumah saja. Habitat bersyukur akan adanya pelatihan kewirausahaan ini sebagai inovasi baru untuk membantu keluarga yang terdampak agar meski di rumah saja mereka tetap memiliki pekerjaan dan bisa bertahan di masa sulit. Pelatihan kewirausahaan makanan dan minuman secara online salah satu langkah yang tepat karena makanan dibutuhkan setiap hari dan secara online sangat efektif dengan kondisi masyarakat yang masih dianjurkan di rumah cenderung membeli makanan secara online. Habitat merasa senang bisa bekerja sama dengan Lautan Luas dan Fiber Crème. [way/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar