Ekbis

PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi Aksi Sosial

Pasuruan  (beritajatim.com) – Musim penghujan mulai melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan sungai Wangi yang berada di wilayah tersebut, berpotensi untuk banjir. Hal ini dikarenakan badan sungai tidak terlalu lebar dan ditambah dengan beban sungai seperti sampah baik itu organik maupun non organik.

PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi yang pabriknya berada dekat dengan Sungai Wangi melakukan aksi bersih-bersih Sungai Wangi untuk meminimalisir dampak musim penghujan.

Aksi sosial ini merupakan dukungan terhadap Program Kali Bersih (Prokasih) yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“Pada hari ini, karyawan pabrik PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi bersama dengan aparat desa, Babinsa Koramil Pandaan, Babinkamtibmas Polsek Pandaan serta warga Dusun Keceling, Desa Kemiri Sewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan melakukan aksi bersih-bersih di Sungai Wangi. Posisi kedua pabrik kami ini berseberangan dengan aliran Sungai Wangi, jadi kami merasa perlu melakukan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di sekitar pabrik, dan juga meningkatkan keakraban dengan warga.”jelas Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group melalui siaran pers.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 07.00 pagi tersebut dimulai dengan membersihkan area di depan tembok pabrik dilanjutkan dengan pembersihan area Sungai Wangi sepanjang hampir 1 kilometer.

Area sungai yang dibersihkan tersebut melewati wilayah 3 desa, yaitu Nogosari, Sumber Rejo, dan Kemiri Sewu. Para peserta mengangkat sampah-sampah yang tersangkut dan berpotensi menghambat aliran sungai, seperti ranting kayu, batang kayu, sampah plastik, dan sampah-sampah lain.

“Kami warga Dusun Keceling, Desa Kemiri Sewu sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi ini. Karena dampaknya positif bagi lingkungan dan bagi kami juga. Aliran sungai yang lancar akan menghindarkan terjadinya banjir. Semoga pabrik-pabrik lain di daerah Pandaan mengikuti langkah positif yang telah dilakukan oleh PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi ini.” Kata M. Rifai, Kepala Desa Kemiri Sewu yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selain warga Desa, turut berpartisipasi juga pimpinan desa dan dusun serta aparat dari Koramil dan Polsek Pasuruan. Kegiatan yang dinilai sangat positif oleh warga dan aparat ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pabrik-pabrik lain di daerah Pandaan, khususnya yang berada dekat dengan aliran Sungai Wangi. Jika semua pabrik tersebut meniru langkah yang telah dijalankan oleh PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi, maka sungai Wangi akan berfungsi normal dan tidak memberikan dampak negatif bagi warga sekitar. (ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar