Ekbis

PT Bumi Suksesindo (BSI) Banyuwangi Serahkan Seribu Alat Rapid Test dan Dua Ventilator

Banyuwangi (beritajatim.com) – PT Bumi Suksesindo (BSI) memberikan bantuan dua unit ventilator dan 1.000 rapid test kit kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi. Total bantuan itu senilai Rp 1,5 miliar diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono.

“Kami berharap dukungan kami dapat meningkatkan kesiagaan Kabupaten Banyuwangi menangani Covid-19 ini,” kata Senior Manager External Affairs, PT Bumi Suksesindo Sudarmono, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, sebagai perusahaan tambang yang beroperasi di Banyuwangi, PT
BSI secara khusus peduli pada situasi daerahdi ujung timur
Pulau Jawa ini. Terlebih, penanggulangan wabah Covid-19 memang menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, swasta, maupun seluruh unsur masyarakat lainnya.

“Kesiagaan ini mutlak mengingat ancaman penularan virus baru ini memang tidak main-main. Ketersediaan ventilator sangat penting untuk penanganan pasien terutama yang mengalami kesulitan bernapas akibat Covid-19,”

“Ventilator berfungsi sebagai alat bantu bagi pasien yang mengalami gagalnya fungsi paru-paru yang terserang Covid-19. ventilator tersebut untuk melengkapi bantuan hazmat dan masker yang sudah diserahkan PT BSI kepada Dinas Kesehatan Banyuwangi beberapa waktu yang lalu. Adapun rapid test kit adalah alat deteksi antibodi yang berfungsi melakukan skrining awal terhadap kondisi seseorang,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono menyambut baik niat PT Bumi Suksesindo. Tambahan alat ini, nantinya Gugus Tugas Covid-19 bisa memperoleh data kesehatan masyarakat dengan cepat sehingga penanganannya pun lebih segera dilakukan.

“Kita sebelumnya telah mengajukan tambahan rumah sakit rujukan, dan saat ini telah memiliki enam rumah sakit rujukan. Dari sejumlah tempat itu masih butuh alat ventilator yang nantinya kami tempatkan di RSUD Genteng,” katanya.

Sejauh ini, kata Mujiono, Gugus Tugas masih menunggu sejumlah alat dan perlengkapan yang belum datang. Seperti APD maupun alat kesehatan lainnya.

“Tentu dengan bantuan dari PT BSI ini sangat membantu kebutuhan alat kesehatan. Satu ada ventilator, di mana di RSUD Blambangan ada sejumlah kebutuhan alat termasuk ventilator meskipun di sana sudah tercukupi tapi ini untuk persiapan bila mana terjadi sesuatu,” ungkapnya.

Sedangkan untuk rapid test, kata Mujiono, perlu dilakukan lebih banyak lagi. Pasalnya, untuk mengetahui lebih mudah perkembangan penyebaran virus corona di Banyuwangi.

“Nanti malam akan tiba tambahan 5000 alat rapid test untuk tahap pengadaan yang pertama. Kita akan lakukan lebih banyak lagi menyasar warga di daerah-daerah, kapan hari kita sudah lakukan di pusat perbelanjaan alhamdulilah dari 250 orang yang di rapid test ada 5 yang reaktif,” pungkasnya. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar