Ekbis

Proyek Kilang Tuban Dongkrak Penjualan Mobil di Masa Pandemi Covid-19

Tuban (beritajatim.com) – Trend penjualan mobil baru di wilayah Kabupaten Tuban menurun cukup signifikan di tengah masa pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir.

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 ini penjualan mobil baru di Kabupaten Tuban mengalami penurunan hingga 24% dari total penjualan semua jenis merk kendaraan, termasuk dengan penjualan mobil Toyota. Meski di tengah-tengah pandemi saat ini keberadaan proyek kilang minyak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ternyata cukup besar mendongkrak penjualan mobil baru.

Data yang dihimpun beritajatim.com, penjualan mobil baru semua di wilayah Kabupaten Tuban pada bulan Januari sampai dengan Maret 2020, yakni sebelum adanya Pandemi Covid-19 itu mencapai 547 unit kendaraan. Sedangkan pada bulan April sampai dengan Juni 2020 ini yang sudah memasuki masa pandemi penjualan mobil dari dealer tersebut turun menjadi 416 unit kendaraan semua merk.

“Jadi secara marketnya kita turun 24 persen. Ini kita terbantu dengan adanya proyek di wilayah Kecamatan Jenu, kalau tidak terbantu dari market di wilayah Jenu bisa-bisa turun lebih dari 50 persen. Karena di wilayah Kecamatan Jenu ini peningkatan marketnya yang cukup besar,” terang Arie Soerjono, Kepala Cabang Auto 2000 Tuban, Jumat (7/8/2020).

Arie menambahkan, penurunan terbesar pada penjualan kendaraan di masa pandemi ini adalah dari jenis kendaraan MPV Low, seperti halnya kendaraan Avanza dan jenis lainnya. Padahal selama ini kendaraan Low MPV merupakan kendaraan dengan kontributor yang tingkat penjualannya paling tinggi saat kondisi normal.

“Tentunya dari turunnya market itu ada penurunan yang lebih besar dari total market dan ada juga segmen yang justru segmen yang naik. Beberapa segmen yang turunnya cukup besar itu di kelas MPV, MPV Low itu turun sekitar 50 persen,” tambahnya.

Adapun untuk penjualan mobil Toyota di Kabupaten Tuban yang justru naik saat pandemi seperti saat ini adalah jenis SUV seperti Rush dan juga Fortuner. Untuk penjualan kendaraan Toyota Rush mengalami kenaikan sebesar 30% dan sekelas Fortuner mengalami kenaikan sebesar 22%.

Sementara itu, melihat dengan adanya keniakan penjualan di segmen SUV ini, pihak Auto 2000 Tuban optimis jika bisa mencapai target penjualan di tahun 2020 ini. Terlebih dengan adanya keluar produk Toyota terbaru yakni All New Corolla Cross yang telah resmi mulai dijual di Indonesia dan sudah siap dipasarkan termasuk di Tuban.

“Dengan adanya SUV terbaru yaitu Corolla Cross ini tentunya akan bisa meningkatkan market tersendiri. Dan kita masih optimis untuk target penjualan tahun ini tetap bisa tercapai, melihat semua potensi sumber daya alam di Tuban ini dan dengan adanya proyek yang ada. Kita melihat di bulan Juli lalu sudah mulai terlihat pertumbuhannya,” pungkasnya.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar