Ekbis

Produk Tahu Berkonsep Dilevery Order Ala BUMDes Waru Barat

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) Waru Barat, Kecamatan Waru, Pamekasan, mengggas produk tahu dengan konsep Delivery Order melalui Badan Usaba Milik Desa (BUMDes) DasaWarsa Corporation di desa setempat.

Produk tersebut diharapkan dapat menjadi suplay melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), sehingga nantinya keberadaan pabrik tahu mampu memberikan sumbangsih untuk sektor pendapatan desa, khususnya pada masa mendatang.

“Keberadaan pabrik tahu di desa kami memang masih seumur jagung (baru beroperasi), tapi insya’ Allah produksinya sudah mulai membaik. Khususnya pasca kami belajar (studi banding) ke salah satu pabrik tahu di Jakarta,” kata Kepala Desa (Kades) Waru Barat, Abdussalam Ramli, Rabu (12/8/2020).

Produk tahu yang dikemas dengan kemasan sederhana dihrapkan dapat menunjang sektor pendapatan desa yang dipimpinnya, terlebih selama ini pihaknya juga melibatkan masyarakat secara langsung untuk bersama bergerak mengoperasikan gagasan yang direalisasikan melalui BUMDes.

Apalagi saat ini juga terdapat sejumlah mahasiswa dari Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, yang tengah melakukan proses pengabdian melalui program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) di desa setempat. Bahkan sebagian besar di antara mereka merupakan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY).

Kondisi tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas produk, apalagi proses pemasaran produk juga melibatkan mahasiswa secara langsung. “Terima kasih atas kesehatan mahasiswa PKN yang sudah membantu memasarkan produk kami, semoga bermanfaat dan bersama-sama membangun desa,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, kami juga berharap keberadan mahasiswa yang akan melaksanakan porgam PKN di desa kami selama sebulan kedepan, nantinya dapat mengoptimalkan beragam langkah konkrit untuk kemajuan desa. Jazakumullah Khairan,” harapnya.

Sementara Koordinator Desa (Kordes) PKN IAI Al-Khairat Pamekasan Waru Barat, Misrahul Huda menyampaikan terima kasih kepda Pemdes setempat, khususnya kepala desa yang sudah berkenan dan memberikan kepercayaan untuk memasarkan produk hasil karya desa.

“Pertama kami sampaikan terima kasih kepada pemerintah desa, khususnya Kades Waru Barat, yang sudah mempercayakan kami untuk memasarkan produk desa. Hal ini tentunya menjadi motivasi sekaligus pemicu semangat kami untuk memberikan pengabdian terbaik di lokasi PKN,” pungkasnya. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar