Ekbis

PKK Kota Kediri Manfaatkan Limbah Minyak Jelantah untuk Bikin Sabun

Kediri (beritajatim.com) – Bagi para ibu dan penyuka aktivitas memasak, minyak jelantah merupakan limbah yang selalu dihasilkan usai menggoreng. Kadang minyak masih banyak, tapi sudah digunakan berkali-kali sehingga tidak sehat bila dipakai lagi. Bila dibuang sembarangan, bisa menyumbat saluran air. Oleh sebab itu, PPK Kota Kediri memanfaatkan limbah tersebut untuk membuat sabun.

Sebagai langkah awal, TP PKK Kota Kediri Pokja II mengadakan Pelatihan Membuat Sabun dari Bahan Organik dan Limbah Rumah Tangga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kamis (5/11/2020).

“Tak hanya memanfaatkan limbah, kami juga ingin memberi bekal ketrampilan pada ibu-ibu PKK di Kota Kediri. Harapannya, siapa tahu dari pelatihan-pelatihan ini bisa membuat produk untuk menambah income keluarga,” kata Ferry Silviana Abu Bakar, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kediri.

Bunda Fey mengatakan, bila ibu rumah tangga yang punya waktu luang setelah mengurus rumah tangga maka bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan membuat produk-produk seperti sabun dan kerajinan tangan.

Melalui Pokja II yang membidangi tentang pendidikan/pelatihan dan berkoperasi, PKK Kota Kediri aktif melakukan berbagai pelatihan. Sebelumnya, berupa pelatihan memasak bakso yang mendatangkan juru masak terkenal.

“Pesertanya perwakilan anggota PKK dari 46 kelurahan, beberapa staf kecamatan, dan kader kota,” kata Baiq R. Jannah, sekretaris Pokja II. Para peserta dilatih langsung oleh praktisi pembuat sabun yang sudah berpengalaman, Fri Hertin Novitarini.

Secara berkelompok, peserta mendapatkan teori pengenalan bahan dan alat. Ada dua jenis sabun yang dibuat yaitu berbahan utama minyak jelantah dan berbahan utama bahan organik (arang, madu, aloevera, maupun beras). Bahan-bahan mudah didapat di sekitar dan untuk bahan kimia tambahan yaitu NaOH bisa didapatkan di toko kimia.

Sabun berbahan minyak jelantah ini bisa digunakan untuk membersihkan kain pel, alas karpet, lap meja, dan bisa untuk mencuci baju maupun piring. Tidak disarankan untuk mencuci muka/tubuh. Sedangkan sabun dengan bahan organik bagus untuk kulit. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar