Ekbis

Targetkan Transaksi Rp 20 Miliar

PG Wadahi Pelaku UMKM Beraktualisasi dan Bertransaksi

Gresik (beritajatim.com) – PT Petrokimia Gresik (PG) beraktualisasi dan bertransaksi langsung dengan masyarakat dengan mewadahi 402 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bazar pesta rakyat pada 20-28 Juli 2019.

Direktur Teknik dan Pengembangan (Dirtekbang) PT Petrokimia Gresik, Arif Fauzan mengatakan, keberadaan pelaku UMKM dalam bazar pesta rakyat setiap tahun itu guna menumbuhkan perekonomian mikro di Kabupaten Gresik. “Kami memfasilitasi pelaku UMKM di Gresik agar mereka bisa memperkenalkan produknya sekaligus melakukan transaksi dengan masyarakat,” katanya, Minggu (21/07/2019).

Di Bazar 2019 ini, transaksi yang ditargetkan bisa tembus di angka Rp 20 miliar. Angka itu naik, dibanding tahun lalu yang membukukan transaksi sebesar Rp 18 miliar.

Selain mewadahi pelaku usaha UMKM. Perusahaan pupuk ber-home based di Gresik itu juga mengedukasi masyarakat terkait dengan menekan penggunaan sampak plastik.

Masyarakat yang datang tote bag berwarna hitam bertuliskan #cerdasberplastik. Tote bag tersebut dapat digunakan kapan saja sebagai pengganti kantong plastik dengan cara mengkampanyekan secara gratis melalui media sosial Insta Story di akun Instagram pengunjung.

Cara ini merupakan langkah mudah untuk mengedukasi pengunjung dan mengkampanyekan #cerdasberplastik kepada netizen. Semakin banyak yang mengunggah maka semakin banyak pula yang diedukasi secara langsung. “Kampanye seperti ini merupakan bentuk edukasi kepada pengunjung agar bijak menggunakan plastik sekali pakai,” ujar Arif Fauzan.

Ia menambahkan, dengan kampanye ini masyarakat Gresik, khususnya pengunjung Pameran dan Bazar, semakin aware dengan isu lingkangan sampah plastik, dan memiliki kepedulian untuk melakukan perubahan dimulai dari hal kecil.

Salah satu pengunjung, Faridah (35) asal Kelurahan Sukorame, Gresik menuturkan, mengaku tote bag yang diberikan kepada pengunjung setelah mengunggah insta story lebih ramah lingkungan. “Sangat suprise sebab secara tidak langsung kami juga dilibatkan dalam pengurangan penggunaan sampah plastik,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar