Ekbis

PG Buka Program Mahasiswa Magang Via Online

Gresik (beritajatim.com)- Pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi semua sektor. Termasuk di antaranya sektor pendidikan. Di sektor ini, Petrokimia Gresik (PG) kembali membuka program magang atau praktik kerja industri (Pakerin) untuk mahasiswa via online. Pembelajaran digital tersebut sebagai bentuk penyesuaian di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK).

Dirut Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi menuturkan, ini merupakan pembelajaran digital BUMN pertama baik reguler maupun program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) yang kembali dibuka secara serentak setelah sempat ditunda sejak Maret 2020.

“Magang model digital ini merupakan inovasi PG untuk tetap menjalankan perannya dalam mendukung pemerintah mencetak SDM unggul. Tapi, memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya, Kamis (6/8/2020).

Magang digital ini, lanjut dia, menjadi solusi atau jawaban atas kekuatiran ribuan mahasiswa yang memiliki kewajiban satuan kredit semester (SKS), kerja praktik dari kampus tapi kesulitan mencari perusahaan yang membuka program magang akibat wabah.

Kendati berbeda dengan model pembelajaran sebelumnya, mahasiswa akan mendapatkan kompetensi yang setara dan tetap mendapatkan sertifikat kompetensi. “Bagi yang lulus mengikuti program magang berbasis digital di Petrokimia Gresik sebagai bekal untuk mencari kerja nantinya,” ujar Rahmad Pribadi.

Dalam program ini, mahasiswa magang akan menjalani program blended digital learning yang memungkinkan mereka tetap mendapatkan knowledge, dan skill yang cukup dalam periode magang. “Melalui digital platform yang lengkap dan bimbingan expert yang berpengalaman diharapkan mampu memberikan knowledge dan kompetensi yang dibutuhkan selama prakerin,” pungkas Rahmad. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar