Ekbis

Petrokimia Gresik Dorong Percepatan Vaksinasi Lansia

Gresik (beritajatim.com) – Vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah. Kali ini, perusahaan BUMN PT Petrokimia Gresik (PG) juga melakukan hal yang sama. Anggota holding PT Pupuk Indonesia itu mendorong percepatan vaksinasi orang lanjut usia atau lansia melalui sentra vaksinasi bersama (SVB).

Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menuturkan, SVB di Jawa Timur dibuka bagi lansia dan pelayan publik karyawan BUMN. Sebab, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Jatim memiliki jumlah lansia terbesar ketiga di Indonesia.

“Awal tahun 2021, terdapat sekitar 4,3 juta warga berusia 60 tahun ke atas di Jatim. Kota Surabaya sendiri menyumbang sekitar 265 ribu lansia,” tuturnya, Senin (29/03/2021).

Lebih lanjut Dwi Satriyo mengatakan, layanan SVB Jatim akan berlangsung selama dua bulan hingga 28 Mei 2021. Tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang sesuai kebijakan pemerintah.

“Untuk mendorong percepatan SVB ini juga didukung 150 lebih Covid-19 ranger dari seluruh BUMN di Jatim, serta sekitar 50 tenaga kesehatan yang berasal dari rumah sakit BUMN di Jatim,” katanya.

Sebelumnya, satgas BUMN Jatim terkait dengan penanganan Covid-19 telah dibentuk sejak 17 Maret 2020. Satgas ini membawahi 14 RS BUMN yang tersebar di 11 daerah, antara lain Surabaya, Malang, Gresik, Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Kalianget, Kediri, Mojokerto.

Satgas tersebut juga telah melaksanakan program donor plasma BUMN untuk Indonesia, dan hingga saat ini telah terdapat 124 pendonor dengan total volume plasma sekitar 49.600 cc.

Meneg BUMN Erick Thohir menyatakan program SVB BUMN adalah dukungan untuk mempercepat vaksinasi di kota besar, yang penduduknya juga besar. Program ini didukung oleh Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota, serta perusahaan BUMN yang ada di wilayah setempat.

Mantan pemilik klub sepak Bola Inter Milan itu juga mendorong agar semua perusahaan BUMN menjadi pioneer untuk melakukan vaksinasi kepada lansia di lingkungan BUMN dan juga masyarakat.

“Kami menargetkan SVB di Surabaya ini bisa melakukan vaksinasi 5.000 orang dalam sehari. Tapi kalau bisa lebih ya Alhamdulillah,” tandasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar