Ekbis

Petani Kediri Banting Stir Produksi Kue Bolu Kering Tanpa Pengawet, Rasanya Mak Nyus

Kediri (beritajatim.com) – Selain terkenal dengan kekayaan potensi wisatanya, Kabupaten Kediri juga memiliki aneka ragam produk UMKM. Salah satunya adalah produk bolu kering di Desa Tugurejo Kec. Ngasem.

Dengan nama produk ‘Bolu Kering Istimewa Bu Siru’, usaha pembuatan bolu ini dimulai sejak tahun 2014 silam. Siti Rohaliah selaku pemilik sekaligus pembuat bolu tersebut mengatakan, dalam produksinya ia dibantu 5 orang karyawan. 3 orang untuk membantu membuat kue dan 2 orang untuk membantu memasarkan kuenya.

“Awal dimulainya usaha ini karena saya memiliki 10 orang anak. Besar harapan saya usaha ini bisa diteruskan oleh anak-anak saya sehingga tidak bingung mencari pekerjaan. Saya memilih usaha kue bolu kering ini karena bahan baku yang mudah, harga terjangkau dan rasanya disukai banyak orang,” jelas Siti Rohaliah yang dulunya berprofesi sebagai petani.

Bolu kering istimewa Bu Siru ini tersedia dalam 2 kemasan, yaitu kemasan kecil dengan harga Rp. 2.000,- isi 5 kue dan kemasan besar harga Rp. 5.000 berisi 12 kue.

“Kue bolu saya ini tanpa bahan pengawet dan bisa bertahan sampai dengan 2 bulan. Tentunya dengan proses pembuatan yang baik dan menggunakan bahan yang berkualitas,” tutur Siti Rohaliah.

Dalam sehari ia bisa menghabiskan sebanyak 10 kg adonan bahan baku dan bisa menghasilkan 250 kue. “Alhamdulillah pada musim hujan kue saya ini laku cukup keras dan keuntungan saya meningkat. Pemasaran kue bolu kering ini masih di sekitar wilayah Kabupaten Kediri,” lanjutnya.

Saat mengunjungi lokasi produksi, Camat Ngasem, Ir. Ary Budianto mengatakan kue bolu kering buatan Bu Siru ini memang istimewa. Rasanya mak nyus, gurih, enak dan manisnya pas karena menggunakan gula alami dan tanpa bahan pengawet,” ungkapnya.

“Produk kue bolu kering Bu Siru ini sudah menggunakan kemasan yang baik. Harapan kita bersama produk ini bisa berkembang dengan pesat. Sehingga sesuai harapan Bu Siti Rohaliah nantinya bisa menghidupi keluarga dan usaha ini bisa diteruskan oleh anaknya,” harap Camat Ngasem.

Ir. Ary Budianto pun berharap produk kue bolu ini terus berkembang, tidak hanya diterima masyarakat di wilayah Kab. Kediri namun juga luar Kediri. Pemerintah Kab. Kediri melalui Kecamatan Ngasem akan membantu promosi melalui media sosial. “Ini merupakan bentuk dukungan kami untuk membantu para pelaku UMKM di Kab Kediri supaya bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya,” lanjutnya.

Sebagai informasi, jika ingin memesan atau mengunjungi pembuatan kue ‘Bolu Kering Istimewa Bu Siru’ silahkan datang ke alamat Jl. Dusun Jeruk, RT.02/RW.03, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar