Ekbis

Petani Harus Untung, Pemkab Madiun Beri Bantuan Pupuk

Pemberian pupuk subsidi dari Pemkab Madiun kepada petani secara simbolis di Gedung Eka Kapti Puspem Mejayan, Rabu (21)7/2021) (foto: Pemkab Madiun for beritajatim.com)

Madiun (bertajatim.com) – Guna meningkatkan hasil pertanian dan ketahanan pangan saat pandemi Covid-19, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto menyerahkan pupuk bersubdi kepada para petani. Penyerahan dilakukan secara simbolis di Ruang Rapat Eka Kapti Puspem Mejayan.

‘’Sekitar 346 ton pupuk NPK plus yang akan diberikan kepada 10.968 petani yang menggarap/memiliki lahan usahatani padi kurang dari 0,199 hektar per musim,’’ terang Ahmad Dawami usai penyerahan pupuk bersubsidi Rabu (21/7/2021).

Dinas Pertanian sudah mencari para penerima pupuk subsidi ini, tentunya sudah ada skala prioritas penerima sangat perlu dibantu. Belum semua petani mendapatkan pupuk bersubsidi karena mengingat kemampuan keuangan daerah. Tapi minimal sudah dapat mengintervensi dalam ketahanan pangan ini dapat tertangani.

‘’Pemberian pupuk bersubsidi bermaksud untuk menambah porsi pupuk subsidi yang masuk di e-RDKK, Karena ini dimasa sulit, kita ringankan lah, kalau kita tidak berikan bantuan uang, minimal kita beri bantuan pupuk, sehingga konteksnya sama, artinya biaya yang dikeluarkan oleh petani ini turun sehingga pendapatan petani bisa naik”, jelasnya.

Pembagian pupuk ini bagian dari intervensi terhadap produsi panen. Di masa pandemi ini pertanian harus surplus. Jika hasil panen ini berkurang dan kebutuhan pokok kurang, maka masa sulit ini semakin sulit.
‘’Kami upayakan petani tidak merugi,’’ katanya. [fiq/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar