Ekbis

Peserta dari 34 Provinsi Bimtek di Sidoarjo, Bahas Pertanian

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ratusan peserta dari 34 Provinsi mengikuti Bimtek Kep/Korporasi Petani Bagi Pendamping Kostratani yang diadakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementrian Pertanian di Neo Hotel Waru Selasa (25/2/2020).

Bimtek yang digelar Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) itu diikuti oleh Petugas Penyuluh Kecamatan (PPK) dan pendamping Program Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian).

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementan Dr. Ir. Leli Nuryati MSc mengatakan, penyuluhan Kostratani merupakan program primadona Kementerian Pertanian RI. “Program ini untuk mendukung keberhasilan pembangunan pertanian,” katanya di sela-sela membuka acara Bimtek.

Lanjut dia, pembangunan pertanian bisa maju dilalui dengan cara koordinasi, sinergi, dan penyelarasan kegiatan pembangunan pertanian, yang akan berpusat di kecamatan melalui Kostratani.

Leli menambahkan, Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran balai penyuluhan pertanian (BPP) dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

“BPP akan berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat pembelajaran untuk penyuluh dan petani, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan,” paparnya menjelaskan.

Dengan Kostratani semua fungsional di kecamatan juga akan bergerak dan berperan, tidak hanya penyuluh pertanian, tetapi juga fungsional lainnya seperti mantri tani, POPT, petugas medik veteriner, paramedik veteriner, petugas penjaga pintu air, petugas IT dan lainnya.

Seluruh gerakan pembangunan pertanian akan berpusat di Kostratani, semua program pertanian dari direktorat teknis dan pemerintah provinsi serta kabupaten akan ada di Kostratani.

“Kostratani akan menjadi garda terdepan dalam melaksanakan seluruh program-program Kementerian Pertanian,” pungkasnya. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar