Ekbis

Perusahaan Peleburan Tembaga Asal Jepang, Gelontor CSR Rp 1 Miliar

Gresik (beritajatim.com) – Perusahaan peleburan tembaga asal Jepang, PT Smelting menggelontor dana corporate social responbility (CSR) sebesar Rp 1 miliar ke warga ring satu Desa Romoo, Kecamatan Manyar, Gresik. Dana sebesar itu diperuntukkan untuk empat pilar. Di antaranya kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi, dan lingkungan.

Direktur PT Smelting Tatsuya Inoue mengatakan, perusahaannya banyak memberikan sumbangsih kepada masyarakat utamanya warga ring satu di sekitar perusahaan.

“Dana Rp 1 miliar itu diperuntukkan untuk pengembangan masyarakat, dan tahun ini disalurkan melalui APBDes Desa Romoo,” katanya, Rabu (19/08/2020).

Masih menurut Tatsuya Inoue, untuk dana CSR. Perusahaan PT Smelting setiap tahun terus berkomitmen memberika bantuan tersebut dan dikerjasamakan melalui yayasan desa setempat.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Romoo, Kecamatan Manyar, Rusdiyanto menuturkan, bantuan dana CSR ini disalurkan sejak 2014 hingga 2019. Namun, untuk tahun ini ada perbedaan. Dana CSR langsung disalurkan ke APBDes.

“Harapan kami dengan disalurkan ke APBDes tak ada gejolak lagi, dan kedepan bisa semakin baik,” tuturnya.

Wabup Gresik, M.Qosim menyatakan soal ada gesekan itu hal yang biasa. Yang penting masyarakat Desa Romoo tetap guyub dan rukun. Pasalnya, desa tersebut berada di garis depan, atau ring satu PT Smelting.

“Saya mengusulkan dana CSR itu kalau bisa dibuat menyambung internet di balai desa. Sebab, manfaatnya sangat besar buat belajar daring bagi pelajar di masa pandemi Covid-19,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar