Ekbis

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hadapi Empat Tantangan Global

Kepala Bank Indonesia Institute Solikin M. Juhro

Jember (beritajatim.com) – Kepala Bank Indonesia Institute Solikin M. Juhro mengatakan, prospek pertumbuhan ekonomi domestik Indonesia saat ini dihadapkan pada empat tantangan utama global.

“Terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang merata menjadi tantangan pertama,” kata Juhro, dalam kuliah umum “Perekonomian Indonesia: Prospek dan Arah Bauran Kebijakan”, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019).

Tantangan kedua adalah besarnya aliran modal asing yang tinggi. Berikutnya adalah pesatnya perkembangan ekonomi keuangan digital.

“Perubahan perilaku masyarakat, khususnya generasi milenial dan teknologi digital juga perlu menjadi perhatian khusus para pelaku ekonomi,” kata Juhro, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej.

Bank Indonesia mengimplementasikan strategi bauran kebijakan nasional dengan lima fokus koordinasi kebijakan untuk menghadapi berbagai tantangan perekonomian ini. Peran pemerintah daerah dibutuhkan untuk mengendalikan inflas, elektronifikasi transaksi keuangan yang mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta dukungan pengembangan sektor prioritas.

“Hal ini dilakukan tidak lepas dari krisis keuangan global masa lalu yang menuntut perlunya reformasi atas mandat dan kebijakan bank sentral,” kata Juhro. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar