Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pertumbuhan Ekonomi Gresik Lebih Tinggi dari Angka Nasional

Gresik (beritajatim.com)– Pertumbuhan ekonomi Gresik lebih tinggi dari angka nasional. Pada tutup tahun 2021 kemarin, Gresik tercatat mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 3,79 persen.

Meski dihantam kasus covid-19. Pada tahun 2020 sempat menyentuh angka terendah 3,46 persen. Angka itu merosot jauh dibandingkan 2019 yang mencapai 5,41 persen.

Angka pertumbuhan ekonomi di 2020 memang naik turun. Secara berurutan, triwulan pertama pertumbuhan ekonomi 4,1 persen, dilanjutkan triwulan kedua ketika covid-19 masuk ke Gresik anjlok ke angka minus 3,46 persen.


Di triwulan ketiga mulai bangkit, namun angkanya masih minus 0,84 persen. Namun, akhir tahun ini, rata-rata hanya menembus 1.02 persen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Gresik Munir mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi triwulan pertama maupun kedua di tahun 2022 ini datanya belum keluar. Sehingga, pihaknya belum bisa memberikan informasi ke publik.

Namun pada tahun 2021 menjadi titik awal ekonomi di Gresik kembali pulih. Meski belum sesuai proyeksi sebesar 4,52 di tutup tahun 2021 sudah baik.

Ia menambahkan, dari naiknya ekonomi di Gresik itu disumbang 20 sektor dari 21 sektor. 20 sektor itu mulai menunjukan tren positif sejak awal 2021. “Kecuali sektor pertanian yang masih minus,” imbuhnya, Selasa (9/08/2022).

Menurutnya, anjloknya ekonomi pada 2020 itu dikarenakan Gresik merupakan kota industri. Dimana saat pandemi covid-19, sebagian besar lapangan kerja mengalami kontraksi. “Saat pandemi tinggi hanya beberapa saja yang masih bisa tumbuh,” paparnya.

Seiring dengan menurunkan kasus covid-19 dan pelonggaran mobilitas masyarakat, ekonomi pun perlahan merangkak naik. Meski belum menyentuh angka sebelum pandemi, namun lajunya dinilai sudah positif. “Lajunya cukup cepat, bisa mengejar tapi belum bisa menyentuh angka di 2019 sebelum pandemi,” pungkasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev