Ekbis

Upskilling Menuju Mitra Binaan yang Mandiri

Pertamina Ikutkan 22 Mitra Binaan di Forum Smart Entrepreneur

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka meningkatkan kualitas baik dari sisi pengetahuan dan juga keterampilan, Sabtu (28/9/2019), Pertamina mengikutkan 22 Mitra Binaannya untuk berpartisipasi dalam Smart Forum. Program yang diadakan oleh SmartFM dengan tema “UKM Digital Marketing – Low Budget High Impact” ini digelar di Hotel Premier Place Juanda, Surabaya.

Forum ini adalah forum bulanan yang menggagas Smart Entrepreneur, sebuah forum yang dibuat untuk bertukar pikiran dan pengalaman tentang seluk beluk entrepreneur atau kewirausahaan.

Forum yang dibuat dilandaskan pada data Badan Pusat Statistik yang menyebutkan bahwa rasio wirausaha di Indonesia saat ini mencapai 3,1%, tumbuh pesat dibandingkan tahun 2014 yang masih mencapai angka 1,67%. Namun, angka tersebut masih jauh dibawah negara-negara lain, seperti contoh Malaysia yang sudah mencapai 5%, Cina 10%, Jepang 11%, dan juga Amerika Serikat yang telah mencapai 12%.

“Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara juga memiliki kewajiban untuk mendorong percepatan kemandirian usaha mikro dan kecil melalui akses permodalan, manajemen, maupun kegiatan lainnya seperti yang ditetapkan dalam Permen BUMN Nomor tahun 2017”, ujar Ghalih.

Dalam hal ini, Pertamina berkomitmen dalam memberikan pelatihan dan pengembangan usaha mandiri melalui Program Kemitraan yang sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 1993. Adapun dari Marketing Operation Region V Jatimbalinus sendiri telah bekerjasama dengan kurang lebih tiga ribu mitra binaan sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1993 silam.

Tidak hanya dengan memberikan permodalan, Pertamina juga senantiasa memberikan pelatihan, pengikutsertaan pelatihan, dan juga berpartisipasi dalam pameran nasional maupun internasional untuk memberikan jangkauan pasar yang lebih luas dan juga memperluas wawasan untuk meningkatkan brand image dari produk mitra binaan masing-masing.

“Dengan adanya program Mitra Binaan ini, Pertamina berharap dapat menjalankan fungsinya sebagai BUMN yang bergerak di bidang Energi untuk turut berpartisipasi dalam memajukan ekonomi di lingkungan sekitar area operasinya, juga untuk memberikan dampak ekonomi yang signifikan kepada Indonesia”, tutup Ghalih. [rea/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar