Ekbis

Permintaan Sepi, Harga Ayam Potong Berangsur Turun

Penjual daging ayam di pasar tradisional Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Sumenep awal pekan ini relatif stabil. Hanya ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan maupun penurunan harga yang tidak signifikan.

Salah satu komoditas yang mengalami penurunan harga adalah daging ayam broiler atau ayam potong. Pekan lalu harganya bertahan Rp 38.000 per kg. Awal pekan ini turun Rp 3.000 menjadi Rp 35.000 per kg.

“Turunnya harga daging ayam broiler itu lebih dipengaruhi oleh permintaan konsumen. Ketika permintaan sepi, maka harga juga ikut turun. Sedangkan ayam kampung harganya masih stabil Rp 80.000 per kg. Daging sapi juga begitu. Stabil Rp 120.000 per kg,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Ardiansyah Ali Shochibi, Senin (14/06/2021).

Komoditas yang juga mengalami penurunan harga adalah bawang putih. Setelah beberapa pekan bertahan Rp 24.000 per kg, awal pekan ini turun menjadi Rp 23.000. Sedangkan harga bawang merah masih stabil Rp 25.000 per kg.

“Berbeda dengan cabai rawit. Pekan ini justru ada kenaikan harga. Semula Rp 30.000 per kg, sekarang menjadi Rp 35.000 per kg. Kalau cabai merah besar harganya Rp 25.000 per kg,” terangnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di dua pasar tradisional, yakni Pasar Anom Baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar