Ekbis

Peringati Bulan K3, PT SIER Bakal Adakan Screening Plasma Konvalesen

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) 2021, PT SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) menggelar berbagai macam kegiatan sosial. Salah satunya dan yang rutin digelar tiap tahun adalah donor darah.

Khusus di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini, selain donor darah, PT SIER juga akan menggelar screening donor plasma konvalesen.

Plasma konvalesen sendiri adalah strategi imunisasi pasif yang telah digunakan dalam pencegahan dan pengelolaan penyakit menular sejak awal abad ke-20. Plasma konvalesen diperoleh dengan menggunakan apheresis pada pasien Covid-19 yang telah pulih.

Menurut Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono, donor plasma darah sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini. Untuk itu, PT SIER ikut andil membantu pemerintah untuk mendapatkan donor plasma darah dari para penyintas Covid-19.

“Terapi plasma konvalesen ini dipercaya dapat membantu proses pemulihan pasien infeksi virus corona. Plasma pasien positif Covid-19 yang telah sembuh sanggup mengeliminasi atau memobilitasi virus sehingga lingkaran infeksi terputus. Pasien penerima donor diharapkan bisa terhindar dari serangan virus untuk kemudian memperbaiki jaringan yang sudah terlanjur rusak untuk meningkatkan sistem imun,” papar Didik, saat dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Meski sangat efektif membantu kesembuhan pasien positif Covid-19, lanjut Didik, untuk mendapatkan pendonor plasma cukup sulit. Tidak semua penyintas Covid-19 bisa menjadi pendonor. “Saya dapat informasi, dari 100 orang yang screening mungkin hanya 20 orang yang bisa menjadi pendonor. Makanya PT SIER ingin membantu untuk mendapatkan pendonor plasma tersebut,” ungkapnya.

Perlu diketahui, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi penyintas Covid-19 agar bisa menjadi pendonor plasma. Di antaranya, pernah terkonfirmasi positif Covid-19 melalui swab RT-PCR atau swab antigen, mendapatkan surat keterangan sehat atau sembuh dari dokter/rumah sakit setempat, telah bebas gejala Covid-19 seperti demam/batuk/sesak napas/diare sekurang-kurangnya 14 hari, rentang usia antara 18-60 tahun, perempuan yang belum pernah hamil, berat badan minimal 55 kilogram, tidak memiliki penyakit penyerta yang bersifat kronis seperti gagal ginjal, jantung, kanker, kencing manis, diabetes, darah tinggi tidak terkontrol.

Namun, tak semua penyintas yang memenuhi kriteria tersebut bisa langsung mendonorkan plasmanya. Ada beberapa kriteria plasma darah yang ditentukan secara medis yang harus dipenuhi.

Pada tahap selanjutnya, penyintas harus terlebih dahulu melakukan screening lanjutan di PMI atau rumah sakit yang memiliki fasilitas donor plasma konvalesen. Screening dilakukan untuk mengetahui kelayakan plasma darah yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Jika dinyatakan cocok, maka penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya.

“Rencananya, donor darah dan screening plasma konvalesen ini akan kami gelar pada hari Selasa tanggal 2 Februari 2021 pukul 10.00-15.00 WIB bertempat di Cafe Wisma SIER Jalan Rungkut Industri Raya Nomor 10 Surabaya. Kami berharap bisa mendapatkan 150 pendonor. Selain di SIER, di PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang) juga ada kegiatan donor darah,” kata Didik.

Para pendonor berkesempatan mendapatkan banyak hadiah menarik, diantaranya oximeter, tumbler, vitamin, paket medical check up, kaos, masker, hand sanitizer, paket sembako dan masih banyak lainnya. Pendaftaran bisa dilakukan secara online untuk memudahkan calon peserta donor melalui link http://bit.ly/donordarahplasma.

Untuk menyukseskan kegiatan donor ini , jelas Didik, PT SIER bekerjasama dengan PMI, TNI/Polri, IKA FE Unair, Tim Penanganan Covid-19 ITS, Komunitas Sahabat Donor Indonesia, Real Estate Indonesia, Perkumpulan Sosial Hwa Indonesia dan Yayasan Indonesiaku Sehat. “Kami juga bekerjasama dengan beberapa komunitas penyintas Covid-19. Bahkan rencananya, nanti di PT SIER juga akan ada deklarasi komunitas penyintas Covid-19,” tandasnya. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar