Ekbis

Perbaikan Rel di Bayeman Diprediksi Tidak Akan Ganggu Perjalanan KA

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dalam rangka meningkatan keselamatan perjalanan Kereta Api (KA) dan para pengguna jalan raya, PT KAI Daop 8 Surabaya melaksanakan perbaikan jalur rel di perlintasan KA Jalan Bayeman, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro yang mempunyai total panjang lebar 18 meter. Perbaikan dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 17 sampai 19 November 2020.

Perbaikan tersebut meliputi pekerjaan perbaikan geometri tubuh badan rel, pengantian balok bantalan rel dan pengaspalan jalan raya yang melintas diatasnya. Sebanyak 20 personil pekerja unit jalan rel PT KAI Daop 8 Surabaya dilibatkan guna perbaikan jalur rel tersebut selama tiga hari. Setiap hari pekerjaan diperkirakan hanya dilakukan selama kurang lebih dua sampai tiga jam.

“Kami dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya mohon maaf akan ketidak nyamanan bagi para pengguna jalan raya yang melintas di sekitar area proyek pekerjaan perbaikan perlintasan jalan KA di jalan Bayeman. Pekerjaan perbaikan ini dilakukan guna menjamin keselamatan perjalanan KA dan para pengguna jalan raya yang melintas,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Kamis (19/11/2020).

Pekerjaan perbaikan jalur rel pada perlintasan di Jalan Bayeman, Kecamatan Baureno tidak akan menggangu kepada perjalanan KA yang melintas di wilayah tersebut. Pekerjaan perbaikan total akan dilakukan ketika di waktu tidak ada kereta api yang melintas atau window time. Selama pekerjaan berlangsung, kecepatan kereta api akan dikurangi dari sebelumnya 95 km/jam menjadi 20 km/jam.

“Selama pekerjaan perbaikan, para petugas dari unit jalan rel PT KAI Daop 8 Surabaya akan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yang sudah ditentukan, salah satunya akan mengunakan masker selama pekerjaan perbaikan berlangsung,” ungkapnya.

Dengan adanya pekerjaan perbaikan perlintasan jalur rel KA di Jalan Bayeman, mulai tanggal 17 sampai 19 November 2020, akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas. Untuk alternatif bagi pengguna jalan raya, maka dari pihak Dishub Kabupaten Bojonegoro akan mengarahkan para pengguna jalan raya ke jalur alternatif yang sudah ditentukan. Kendaraan roda dua dan roda empat akan diarahkan ke jalur alternatif Barat Gardu Induk PLN Gunungsari – Kecamatan Baureno.

Sementara untuk kendaraan bus, truk dan kendaraan besar lainnya di mohon agar melewati jalur alternatif jalur Kabupaten Tuban. [lus/kun]

Sementara diketahui jadwal pekerjaan perbaikan rel KA Bayeman tersebut sebagai berikut;

• Pada tanggal 17 November 2020, jam 22:00 s/d 04:00 Wib, akan dilaksanakan perbaikan jalur rel di perlintasan sepanjang 9 meter. Kendaraan masih bisa melintas di sebelah jalur perlintasan yang tersisa. Arus lalu lintas dilakukan buka tutup jalur.
• Selanjutnya pada tanggal 18 November 2020 akan dilaksanakan perbaikan jalur rel di perlintasan sepanjang 9 meter yang tersisa. Kendaraan masih bisa melintas di sebelah jalur perlintasan yang pada tanggal 17 November 2020 telah diperbaiki.
• Kemudian pada tanggal 19 November 2020 akan dilakukan perbaikan tahap total di sepanjang perlintasan tersebut. Dimana kurang dari 3 jam, perlintasan tersebut akan ditutup total dari jam 22:30 s/d 01:30 WIB. Kendaraan tidak bisa melintas.
• Tahap pengaspalan di perlintasan tersebut akan dilaksanakan sambil menunggu geometri jalur rel yang diperbaiki menjadi stabil. Biasanya membutuhkan waktu antara 3 – 5 hari sejak pelaksanakan perbaikan jalur rel selesai.





Apa Reaksi Anda?

Komentar