Ekbis

Dongkrak Penjualan di Masa Pandemi

Perajin Tenun Ikat Kediri Lirik Pasar Anak Muda

Kediri (beritajatim.com) – Untuk mendongkrak penjualan di masa pandemi Covid-19, perajin tenun ikat Bandar Kidul Kota Kediri terus melakukan inovasi. Para perajin melirik generasi muda untuk pangsa pasar mereka.

Eko, salah satu perajin mengatakan, sejak pandemi dirinya terus berupaya melakukan inovasi agar penjualan tenun tetap meningkat. Dia melakukan pengamatan bagaimana selera pasar anak muda.

“Anak muda ini tidak suka dengan motif yang terlalu mencolok. Mereka lebih suka dengan motif, motif yang sederhana,” tutur pemilik usaha tenun ikat dengan merk AAM Tenun Bandar ini.

Eko pun melakukan inovasi dengan membuat motif dan warna sesuai dengan selera anak muda. Untuk warna, menurut Eko, anak muda lebih memilih warna-warna pastel dan tidak mencolok. Sehingga bisa digunakan untuk acara formal maupun semi formal.

Sebagian anak muda lebih suka untuk mengombinasikan motif tenun dengan warna polos. Eko menambahkan dengan inovasi tersebut penjualan tenun produksinya mulai mengalami peningkatan. Orderan masuk berdatangan.

“Kita juga terbantu oleh pemerintah pusat khususnya Menteri Ekonomi Kreatif yang mulai mengenjot kembali UMKM di derah-daerah,” tutup Eko. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar