Iklan Banner Sukun
Ekbis

Penukaran Uang Drive Thru di Malang Diminati Masyarakat

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Samsun Hadi secara simbolis melayani penukaran uang.

Malang (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang berkolaborasi dengan perbankan dan Perbarindo membuka layanan penukaran uang secara serentak selama 4 hari sejak 25 hingga 28 April 2022 mendatang. Penukaran uang ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Malang Raya terhadap uang pecahan kecil pada momentum bulan Ramadan dan menyambut Idulfitri tahun 2022.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Samsun Hadi menuturkan ada 2 mekanisme layanan penukaran uang. Pertama layanan drive thru diselenggarakan di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang yang dilakukan sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIB dengan kuota sebanyak 300 orang per hari.

“Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan adalah sebesar Rp3,7 juta yang terdiri dari pecahan Rp1.000 hingga Rp20 ribu. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang akan bersinergi dengan 5 Bank, yaitu, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Bank Jatim Syariah dan Bank Tabungan Negara,” kata Samsun.

Adapun tata cara penukaran drive thru adalah sebagai berikut, penukar wajib melakukan pendaftaran di hari sebelumnya secara online pada aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id. Penukar wajib menunjukkan KTP dan bukti pendaftaran secara online sebelum memasuki area layanan penukaran drive thru.

Samsun menuturkan, sedangkan untuk mekanisme kedua adalah layanan penukaran uang di loket perbankan dan perbarindo. Selain drive thru, layanan penukaran uang juga dibuka di loket perbankan sebanyak 100 titik dan loket Perbarindo sebanyak 39 titik yang tersebar di kota Batu, kota/kabupaten Malang, kota/kabupaten Pasuruan dan kota/kabupaten Probolinggo.

“Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan adalah sebesar Rp3,7 juta yang terdiri dari pecahan Rp2 ribu hingga Rp20 ribu,” imbuhnya.

Samsun menegaskan layanan penukaran uang yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersama dengan perbankan dan Perbarindo bersifat gratis tanpa dipungut biaya. Demi keamanan, masyarakat dihimbau untuk dapat melakukan penukaran uang pada layanan resmi baik drive thru maupun loket perbankan dan perbarindo.

“Dalam kegiatan ini, masyarakat diharapkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak,” tandasnya. (luc/kun)

 

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar