Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pengusaha Muda Asal Sidoarjo Lolos Kurasi di Apresiasi Kreasi Indonesia (AKl) 2022.

Sidoarjo (beritajatim.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI). Kedatangan Sandiaga Uno di Lippo Plaza Sidoarjo Jumat (2/9/2022), disambut oleh Ketua Dekranasda Kab. Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor (Ning Sasha).

AKI merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

“Dua tahun kita mengalami pandemi Covid -19, inilah momentum untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Saya harapkan dari ajang ini akan muncul juara-juara ekonomi kreatif yang mendunia, dengan demikian Insya Allah akan kembali tercipta lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga:

    Sandiaga Uno menambahkan, dalam upaya membuat produk UMKM ‘naik kelas’ produk kreatif ini perlu dipamerkan di mal/pusat belanja. “Selama menunggu produk ekonomi kreatif bisa masuk mal sehingga naik kelas, pelaku UMKM kreatif bisa memanfaatkan ruang belajar melalui bootcamp.

    Ketua Dekranasda Kab. Sidoarjo Ning Sasha merasa senang Sidoarjo menjadi salah satu kota yang disasar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam meningkatkan omzet penjualan dan membuka lapangan kerja baru di sektor ekonomi kreatif.

    “Melalui program AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia), pelaku UMKM Kreatif Sidoarjo akan berkolaborasi dengan start up Shopee dalam memasarkan dan menjual produknya lewat digital online,” terang isteri Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) itu.

    Sementara Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menegaskan komitmen Shopee selaku mitra Kemenparekraf dalam penyelenggaran AKI 2022 dalam mendukung digitalisasi UMKM termasuk di sektor ekonomi kreatif.

    “Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka. Potensi besar dari pegiat UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Sidoarjo dan sekitarnya,” terang Ade Mulya.

    Masih menurut Ade, sinergi bersama Kemenparekraf melalui AKI, harapannya dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka semakin merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis mereka tidak hanya secara lokal, namun juga nasional. “Langkah ini sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM,” harapnya.

    Shopee mendukung inisiatif Kemenparekraf dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan rangkaian  acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Sidoarjo. Pegiat UMKM terpilih dari Sidoarjo, seperti Annisa UMKM Ayysee produk jilbab dan busana, mendapat mentoring dari Shopee yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee.

    UMKM Ayyese mengalami perkembangan pesat dalam bisnisnya. Itu tak terlepas dari pemanfaatan teknologi digital melalui platform
    e-commerce Shopee. Titik pertumbuhan pertama dirasakan saat mengikuti kampanye tahun 2021. Berkat kampanye tersebut, pesanan yang diterima Ayysee bertambah hingga 3 kali lipat dari biasanya.

    Di sisi lain, Annisa juga memanfaatkan fitur lain yaitu menaikkan produk setiap 4 jam sekali dan memaksimalkan fitur Shopee Feed. “Alhamdulillah, saat ini, Ayysee dapat menerima 20 hingga 80 paket pesanan setiap harinya serta mengekspor produknya hingga Malaysia dan Singapura melalui Program Ekspor Shopee,” rinci Annisa dengan bersyukur. (isa/kun)

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar