Ekbis

Penerbangan ke Pulau Pagerungan Kembali Dibuka, Langsung Full Seat Dua Trip

Sumenep (beritajatim.com) – Penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Pulau Pagerungan kembali dibuka. Kursi penumpang yang disediakan pun terisi penuh.

“Sesuai jadwal, penerbangan dari Bandara Trumojoyo – Pulau Pagerungan dilakukan seminggu dua kali. Dua jadwal itu kemarin penumpangnya penuh terus,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Kamis (11/06/2020).

Penerbangan perintis dengan berbagai rute, salah satunya Sumenep – Pagerungan, pada masa pandemi Covid-19 terpaksa ‘off’ sesuai instruksi pemerintah. Saat ini penerbangan dibuka dengan jadwal normal, yakni pada hari Rabu, jam 09 dan jam 12 dari Bandara Trunojoyo ke Pulau Pagerungan, Sapeken.

“Hanya saja kami tetap memberlakukan protokol kesehatan untuk mencegah pemyebaran Covid-19 seperti di bandara-bandara lainnya. Diantaranya mewajibkan penumpang mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun, dan menerapkan physical distancing,” terangnya.

Selain itu, setiap penumpang diwajibkan membawa surat keterangan medis (SKM) yang dikeluarkan oleh puskesmas atau rumah sakit. Kemudian setiap penumpang akan di cek suhu tubuhnya saat akan masuk ke bandara.

“Kami tidak memberlakukan rapid test untuk rute Sumenep – Pagerungan karena lokal atau masih dalam satu kabupaten. Berbeda dengan penumpamg yang akan ke luar Kabupaten, maka wajib menyertakan surat keterangan telah mengikuti rapid test dengan hasil non reaktif,” papar Indra.

Ia menambahkan, untuk menerapkan physical distancing, maka jumlah penumpang tidak boleh terisi penuh 100 persen, melainkan maksimal 70 persen. “Jadi sekali terbang, jumlah penumpang maksimal hanya 7 orang. Kalau sebelumnya kan full 10 orang,” ucapnya.

Kementerian Perhubungan memprogramkan penerbangan pesawat perintis dengan rute Sumenep – Pagerungan sejak 25 September 2019. Penerbangan tersebut dilayani oleh pesawat jenis Cessna Grand Caravan milik PT ASI Pudjiastuti Avation atau Susi Air. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar