Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pemkot Malang Gelar Operasi Pasar untuk Kendalikan Inflasi

Operasi Pasar Pemkot Malang.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga dan memastikan pasokan bahan pokok serta komoditi lainnya, di depan Kuburan Londo Sukun, Senin (29/8/2022).

Ketua Dewan Pengawas Perumda Tunas yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang, Elfiatur Roikhah mengungkapkan operasi pasar ini menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2022 oleh Presiden Joko Widodo terkait sinergi untuk stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional.

“Makanya kita perlu usaha yang lebih keras lagi untuk menstabilkan harga dan memastikan pasokan. Karena itu dari Sekretariat TPID Kota Malang menyelenggarakan operasi pasar,” kata Elfi.

Elfi mengatakan kegiatan operasi pasar ini untuk yang pertama kali di Kelurahan Sukun dengan kurang lebih berjumlah seribu paket mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng kemasan, tepung terigu, telur ayam, daging ayam, cabai hingga bawang merah. Mereka mengandeng berbagai pihak seperti BUMN, Bulog, BUMD Perumda Tunas, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia dan lainnya.

“Nantinya akan dilakukan digilir setiap minggu sampai kondisi inflasi sudah bisa lebih stabil. Ditargetkan hingga akhir tahun ada 63 titik. Jadi yang kita jual selain bahan pokok juga komoditi-komoditi yang memang harganya walaupun tidak naik tapi masih tinggi misalnya bawang dan cabai,” paparnya.

Elfi menambahkan bahwa operasi pasar ini targetnya mencukupi kebutuhan masyarakat dan memastikan pasokan aman. Sehingga setelah kecukupan pasokan untuk masyarakat diharapkan harga bisa kembali stabil.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pemkot Malang menjalankan arahan Rakornas Pengendalian Inflasi. Wali Kota Sutiaji memastikan  bahwa pihaknya akan melakukan kerja sama dengan berbagai daerah dan lembaga untuk stabilisasi harga.

“Sesuai anjuran presiden, di daerah segera dilakukan pengendalian inflasi yakni melakukan kerja sama antar daerah dan lembaga.¬† Wujudnya termasuk dalam operasi pasar. Kami sudah menjalin kerja sama dengan Banyuwangi, Kabupaten Malang, Blitar, Batu, Jakarta. Sehingga harapannya dapat mengontrol inflasi yang ada di Kota Malang,” tandasnya. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev