Ekbis

Kembangkan Bandara Trunojoyo

Pemkab Sumenep Siapkan Anggaran Pembebasan Lahan Rp 30 Miliar

Sumenep (beritajatim.com) – Pemkab Sumenep telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk pembebasan lahan guna pengembangan Bandara Trunojoyo pada tahun 2019.

“Anggaran dari APBD Sumenep 2019 itu untuk membebaskan lahan sekitar 32 hektar,” kata Kabid Prasarana Dinas Perhubungan Sumenep, Dadang Dedi Iskandar, Selasa (17/12/2019).

Ia menjelaskan, program pembebasan lahan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui tim yang diketuai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumenep saat ini tengah dalam proses pengajuan pembayaran.

“Dari proses verifikasi berkas dan verifikasi di lapangan, untuk sementara ada sekitar 20 hektare yang dinilai tidak bermasalah dan layak dibebaskan. Kami memang hanya akan membebaskan lahan yang benar-benar ‘clean and clear’ untuk menghindari munculnya persoalan,” papar Dadang.

Lahan seluas 20 hektare yang akan dibebaskan tersebut berada di sisi utara terminal penumpang Bandara Trunojoyo. Lahan tersebut dimiliki oleh 23 warga.

“Kami sudah memproses pengajuan pembayaran lahan tersebut. Nantinya, pembayaran atas pembebasan lahan tersebut akan langsung masuk ke nomor rekening para pemilik lahan. Insya Allah untuk proses pembayaran lahan 20 hektar itu akan tuntas tahun ini juga,” ucapnya optimis. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar