Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pemkab Pamekasan Prioritaskan Pengembangan UMKM dan Pemasaran Digital

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, memprioritskan pada sektor pengembangan dan pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan peningkatan kapasitas pelaku usaha dalam pemasaran digital selama 2022 kedepan.

“Pada era serba internet seperti saat ini, pengembangan sektor UMKM dan pemasaran secara digital menjadi sebuah keharusan, sekaligus kebutuhan dalam meningkatkan sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Rabu (9/2/2022).

Bahkan pihaknya menilai, jika sektor UMKM dan pelaku ekonomi bergerak maju dan berdaya saing, otomatis sektor ekonomi makro juga akan membaik. “Untuk mendorong kemajuan ekonomi pada pelaku UMKM, perlu didukung pula dengan model pemasaran modern, yakni pemasaran digital,” ungkapnya.


“Karena itu, program pendidikan melek digital ini tentunya juga perlu kita lakukan. Apalagi hal ini juga menjadi bagian dari salah satu program prioritas yang digagas Pemkab Pamekasan,” sambung bupati yang familiar disapa Mas Tamam.

Terlebih selama ini, Pemkab Pamekasan juga memiliki program prioritas berupa 10 ribu pengusaha baru (WUB) yang nantinya dilatih teknis dan menejemen pamasaran digital. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang realisasi program pelatihan digital ini,” ungkapnya.

Berdasar data di Pemkab Pamekasan, terdapat sebanyak 78.249 pelaku UMKM tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. “Dari jumlah itu, terdapat hanya sebagian kecil saja yang memanfaatkan pemasaran usaha mereka secara digital,” jelasnya.

“Karena itu, kami atas nama Pemkab Pamekasan sangat berkepentingan agar pelaku UMKM ini nantinya bisa melek digital, tentunya demi menjaga kemajuan usaha mereka di tengah era global seperti saat ini,” pungkasnya. [pin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar