Ekbis

Pemkab Dukung Penerbangan Denpasar – Pulau Giliyang, Bangun Dermaga Apung

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyambut baik penerbangan dari Denpasar, Bali – Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, menggunakan pesawat amfibi.

“Sudah pasti Pemkab menyambut baik penerbangan ‘seaplane’ atau pesawat amfibi dengan rute Denpasar – Giliyang,” kata Bupati Sumenep, Ach. Fauzi, Senin (26/04/2021).

Pada Senin pagi, dilakukan uji coba penerbangan pesawat amfibi tipe grand caravan C-208 amphibian Travira Air. Pesawat ‘take off’ dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar Bali pada pukul 07.00 WITA, langsung landing di Pulau Giliyang pada 07.20 WIB. Dari Pulau Giliyang, pesawat melanjutkan penerbangan ke Bandara Trunojoyo Sumenep.

Uji coba penerbangan tersebut dilakukan tanpa penumpang, melainkan hanya mengangkut kru Travira Air serta dari Badan Litbang Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.

Setelah tiba di Bandara Trunojoyo, pesawat kembali ke Pulau Giliyang, memberi kesempatan kepada Bupati Sumenep untuk ikut merasakan uji coba penerbangan pesawat amfibi milik Travira Air.

“Saya sudah merasakan naik ‘seaplane’, mendarat di Pulau Giliyang. Ternyata aman kok. Layak untuk pendaratan pesawat amfibi,” ujar Bupati.

Menurutnya, pemerintah daerah sangat menunggu realisasi penerbangan pesawat amfibi ke Pulau Giliyang, untuk mendongkrak perkembangan sektor pariwisata.

“Para wisatawan yang akan ke Pulau Giliyang ini bisa memilih menggunakan jalur laut atau udara. Dengan ‘seaplane’ ini, tentu saja akan mempermudah wisatawan yang akan ke Giliyang. Mereka boleh ke Bali dulu, tapi kemudian bisa ditarik ke Giliyang. Jadi semacam paket wisata,” ungkapnya.

Karena itu, Pemkab siap mensupport sepenuhnya, dengan melakukan promosi penerbangan wisata Denpasar – Pulau Giliyang menggunakan pesawat amfibi. “Kami juga akan membangun dermaga apung di Banraas, agar ‘seaplane’ ini bisa mendarat. Karena dermaga yang ada sekarang ini tidak bisa didarati ‘seaplane’. Harus ditambah dengan dermaga apung,” terangnya. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar