Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pemkab-Bea Cukai Madura Koordinasi Bentuk KIHT Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan bersama Kantor Bea Cukai Madura, intens menjalin komunikasi dan koordinasi dalam rangka membentuk Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di wilayah setempat.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan peredaran rokok ilegal, sehingga dibutuhkan sebuah perencanaan matang dengan menyertakan formulasi yang tepat untuk mewujudkannya. Termasuk menjalin sinergitas antar stakeholders terkait, khususnya bersama Pemkab Pamekasan.

“Pembentukan KIHT ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan perencanaan matang dan eksekusi yang tepat untuk mewujudkannya. Sinergitas antara Bea Cukai dan Pemkab menjadi kunci utama mewujudkan KIHT di Pamekasan,” kata Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur, Padmoyo Tri Wikanto, Jum’at (20/8/2021).


Pembentukan KIHT tersebut bertujuan untuk memberantas peredaran rokok ilegal, serta membantu sektor pengawasan yang dilakukan instansinya. “Dari aspek legal, pembentukan KIHT ini juga mendorong pelaku usaha yang belum punya legalitas, dapat segera bergabung dan menjalankan usaha yang sah,” ungkapnya.

“Potensi tembakau yang sangat melimpah di kabupaten Pamekasan, juga perlu dioptimalkan melalui KIHT. Apalagi pembentukan KIHT juga sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional, sehingga dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat membedayakan masyarakat,” imbuhnya.

Keberadaan KIHT nantinya akan menawarkan fasilitas kerjasama pelintingan, di mana perusahaan dalam KIHT yang tidak memiliki mesin pelinting rokok dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan lain pemilik mesin pelinting. “Dari itu kami komitmen dan siap memfasilitasi, serta mengawal pembentukan KIHT Pamekasan,” tegasnya.

Sementara Bupati Pamekasan, Badrut Tamam berharap pembangunan KIHT dapat membantu sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. “Tentunya hal ini merupakan gagasan positif, sekaligus proses pembelajaran untuk kedepan,” pungkasnya. [pin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar