Ekbis

Pemerintah Cabut Subsidi Listrik Dampak Pandemi Covid-19, Skema Diganti Baru

Bangkalan (beritajatim.com) – Subsidi listrik dari pemerintah kepada pelangan Perusahaan Listrik Negara (PLN) rayon Bangkalan, akan dicabut terhitung mulai 1 April 2021 mendatang. Manajer unit layanan pelanggan PLN, Pangky Yongkinata menjelaskan, selama ini pelanggan mendapatkan subsidi dari pemerintah dampak dari pandemi Covid 19.

“Memang pemerintah memberikan stimulus bantuan listrik gratis bagi pengguna daya 450 VA, namun per 1 April sudah dicabut,” terangnya, Minggu (28/3/2021).

Ia mengatakan, PLN pusat telah menyiapkan skema subsidi baru dengan memberikan bantuan pembayaran pada pengguna daya 450 VA sebesar 50 persen.

“Sementara untuk pengguna daya 900 VA, pemerintah memberikan bantuan sebesar 25 persen,” ujarnya.

Masih kata Pangky, khusus di Bangkalan, terdapat 91 ribu pelanggan yang dapat menikmati bantuan tersebut. Dari jumlah itu terdapat 41 ribu pelanggan pengguna daya 450 VA sementara sisanya menggunakan daya 900 VA.

Bantuan tersebut diketahui menyusut. Sebelumnya pengguna daya 450 VA diberikan penggratisan pembayaran sementara pengguna daya 900 VA diberikan subsidi 50 persen dari jumlah pembayaran.

Yongki menambahkan, subsidi pembayaran itu hanya akan berlaku tiga bulan mulai April hingga Juni 2021. Namun, ia masih belum mengetahui apakah terdapat perpanjangan subsidi kembali.

“Masih 3 bulan, kami berharap pandemi ini segera berakhir. Untuk bulan Juli masih belum ada juknis lagi, nanti akan kami update,” tandasnya. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar