Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pelindo Marines, Entitas Maritim yang Pertahankan Predikat Top GRC 4 Stars

Surabaya (beritajatim.com) Pelindo Marines (BUMN Pelindo Group) berhasil mempertahankan predikat Top GRC level 4 Stars pada ajang penghargaan tahunan, Top GRC Awars 2021.

Setahun sebelumnya Pelindo Marines menjadi salah satu perusahaan di industri maritim yang mulai mengikuti ajang nasional di bidang pengelolaan perusahaan dan risiko, serta kepatuhan regulasi tersebut. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dalam sambutan virtualnya pada agenda penganugerahan di Jakarta, Kamis (7/10/2021), mendorong agar perusahaan di Indonesia intensif menerapkan prinsip GRC (Governance, Risk, and Compliance atau pengelolaan perusahaan dan risiko, serta kepatuhan regulasi). 

“Untuk bertahan di masa Pandemi Covid-19, perusahaan (baik BUMN maupun swasta) harus tetap optimis dengan pengelolaan risiko dan kepatuhan yang tersistem dan terukur. Karena penerapan tersebut dapat membuat pertumbuhan yang dicapai perusahaan bisa berkelanjutan,” pesan Airlangga Hartarto. Lanjutnya, Pemerintah mengapresiasi upaya berbagai pihak untuk memajukan GRC. Termasuk dalam hal pemberian penghargaan seperti ini.

“Selamat kepada pemenang Top GRC Awards 2021,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum, Pelindo Marines, Lia Indi, dari Surabaya menyampaikan terima kasih atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan berbagai pihak. Lia Indi juga mengungkapkan hal senada dengan yang disampaikan oleh Menko Perekonomian. Bahwa konsistensi penerapan GRC menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menjaga business continuity (keberlanjutan bisnis) pada masa Pandemi Covid-19.

“Manajemen Pelindo Marines terus mendorong peningkatan integrasi antara kepatuhan regulasi dalam pengelolaan perusahaan dengan perhatian yang ketat pada pengelolaan risiko yang tersistem. Kemudian juga diperkuat lagi dengan peningkatan fungsi audit internal untuk memastikan sistem tersebut berjalan efektif,” jelas Lia Indi.

Ia menambahkan, Pelindo Marines juga melihat penerapan prinsip GRC sebagai aspek yang penting untuk mendasari langkah ekspansi bisnis dan diversifikasi layanan pada industri maritim yang membawa perusahaan banyak berinteraksi dengan turunan regulasi global dan pengguna jasa multinasional. “Prinsip integrasi GRC dan core value BUMN, AKHLAK, saling melengkapi dan menjadi seperti menara pengawas bagi kapal perusahaan untuk berlayar melalui badai Pandemi Covid-19 dengan selamat,” ungkap Lia Indi.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar