Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pelatihan Copywriting, FKBN Kediri Raya Bantu UMKM Naikkan Omzet

Kediri (beritajatim.com) – Dalam dunia online marketing dan perkembangan internet yang semakin maju, copywriting seolah menjadi salah satu hal wajib yang harus ada. Karena itu, Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kediri Raya melakukan pelatihan Copywriting untuk pelaku UMKM binaanya di Ruko Cluster Banaran Nolo Elite kantor FKBN Kediri Raya, Kamis (23/9/2021).

Dengan pelatihan tersebut diharapkan nantinya bisa menaikkan omzet dari produk yang dijual. Untuk bisa menjadi seorang copywriter tidaklah mudah. Karena harus tahu teknik copywriting yang bisa menarik konsumen.

Akhir Kristiono Kepala Bakorda FKBN Kediri Raya saat ditemui menjelaskan bahwa kebanyakan dari pelaku UMKM tidak tahu bagaimana cara untuk menjual. Yang mereka tahu hanyalah cara memproduksinya saja.

“Tujuan dari pelatihan ini agar pelaku UMKM bisa menyampaikan pesan kepada pembaca, dapat mengenalkan sebuah brand atau merk. Karena kebanyakan mereka tidak tahu bagaimana cara menawarkan produknya di media sosial. Untuk itu kita berikan pelatihan ini agar bisa menaikkan pendapatan mereka,” tutur Akhir Kristiono.

Pelatihan copywriting yang ini sendiri menghadirkan 30 UMKM dari seluruh Kediri. Masing-masing sesi dibatasi hanya 15 UMKM. Itu dikarenakan pelatihan ini masih dalam suasana pandemi. Sehingga diharuskan membatasi peserta dalam satu ruangan.

Dalam pelatihan ini, Akhir Kristiono mengadopsi ilmu jurnalistik yang dimana bertujuan untuk merangkai kata agar bisa menjelaskan produk mereka sendiri dengan jelas dan baik. Pihaknya juga menyediakan wadah berupa website bagi para pelaku UMKM ini untuk mempromosikan produknya.

“Jadi kita berikan wadah berupa website yang bisa mereka akses setiap hari. Disana nanti mereka bisa memperkenalkan produk mereka beserta tulisan mereka. Sudah kita sediakan 4 admin untuk membantu mereka untuk menyempurnakan tulisan mereka sebelum kita angkat untuk kita promosikan produknya di website,” ungkap Akhir Kristiono.

Akhir Kristiono menginginkan supaya apa yang sudah diberikan oleh FKBN Kediri Raya ini bisa di manfaatkan sebaik-baiknya. Agar pelaku UMKM ini kedepan bisa terus eksis dan bisa berkembang lebih baik lagi.

“Kedepannya kita ingin membantu proses legalitas produk mereka. Karena masih cukup banyak dari UMKM ini belum mempunyai legalitas. Jadi semoga apa yang kita berikan bisa benar-benar mereka manfaatkan,” pungkasnya.

Salah satu pelaku UMKM Toha Setiawan yang mengikuti pelatihan ini mengungkapkan, keikutsertaannya dalam pelatihan copywriting ini karena ingin lebih mengetahui cara untuk pemasaran produk yang baik.

“Saya senang ada pelatihan semacam ini untuk UMKM. Apalagi saya tidak mengetahui cara agar bisa menuliskan produk saya agar bisa menarik minat pembeli di media sosial. Jadi sekarang saya mendapatkan ilmu cara pemasaran yang baik dan cara penulisan produk yang benar seperti apa,” ungkap Toha Setiawan.

Toha Setiawan yang sudah memulai usahanya sejak 2 tahun lalu sebagai penjual bubuk kopi Lampung ini menjelaskan bahwa ia tidak mengetahui bagaimana cara menuliskan produknya agar bisa menarik pembeli di media sosial. Untuk itu, ia sangat senang dengan adanya pelatihan copywriting ini. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar