Ekbis

Pandemi Covid-19

Pelaku UMKM Sharing dengan Ketua DPRD Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Di tengah new normal pandemi Covid-19, sejumlah pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) melakukan sharing dengan Ketua DPRD Gresik, H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani). Mereka menyampaikan uneg-unegnya karena kurang mendapat perhatian dari pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Gresik, Ninis Trisilowati menyatakan, selama pandemi Covid-19 yang telah berjalan empat bulan, pelaku UMKM sangat terdampak. “Pemerintah daerah harus hadir memberikan solusi agar mereka bisa survive kembali di tengah pandemi. Harus ada solusi yang konkret,” ujarnya, Minggu (5/7/2020).

Ninis mengaku, sejak sepuluh tahun terakhir, pemerintah daerah kurang serius dalam memberikan perhatian pada UMKM. Khususnya, akses mendapatkan permodalan maupun promosi.

Mendengar keluh kesah pelaku UMKM itu, Gus Yani memberikan sejumlah solusi cerdas dalam mengelolah UMKM sehingga kembali berdaya di tengah pandemi Covid-19. “Ada beberapa solusi yang kami sampaikan seperti membuat konsep pengembangan yang kuncinya ada di kecamatan serta terus disinergikan dengan Pemdes dan Bumdes,” paparnya.

Ia juga menambahkan, solusi lainnya adalah jangka pendek dengan membentuk tim pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah. “Kami akan memaksimalkan pelatihan sertifikasi serta tercapainya peningkatan pemahaman tentang pentingnya kualitas produk dan kemasan,” imbuhnya.

Kemudian untuk jangka menengah, lanjut dia, pihaknya akan mengupayakan tersedianya sarana promosi dan pemasaran produk UMKM melalui koperasi dan toko besar di Kecamatan. “Untuk jangka panjang yakni terbentuknya kerjasama pemasaran produk UMKM dengan ritel modern serta dengan distributor luar daerah,” pungkasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar