Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pelaku UMKM Gresik Didorong Daftarkan Produk di e-Katalog

Gresik (beritajatim.com) – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Gresik didorong mendaftarkan produknya di e-katalog. Melalui aplikasi itu, pelaku usaha UMKM dapat memperoleh berbagai kemudahan, utamanya dalam hal perizinan.

“Ayo daftarkan produk-produk UMKM-nya di e-katalog lokal. Semua sudah dipermudah, dan ini kesempatan kita bersama-sama untuk pulih lebih cepat,” ujar Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, Rabu (24/8/2022).

Data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mencatat di Kabupaten Gresik terjadi transaksi melalui e-katalog mencapai Rp1,1 miliar. Jumlah tersebut, cukup besar dan masih sangat potensial untuk ditingkatkan.


Sedangkan dalam kategori partisipasi pelaku usaha di e-katalog, Gresik menduduki peringkat tiga nasional dengan 103 pelaku usaha. Selain itu, menduduki urutan 10 besar dalam kategori produk tayang di e-katalog dengan 1.109 produk.

Kepala Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kabupaten Gresik, Tri Joko Efendi menambahkan, saat ini sudah ada 850 produk UMKM yang masuk e-katalog. Jumlah itu terdiri dari sekitar 70 penyedia yang mendaftar ke BLP.

Karena itu pemerintah terus mengupayakan agar pengusaha lokal ikut berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah. “Sampai saat ini total transaksi yang dibukukan sudah mencapai Rp500 juta. Sampai akhir tahun nanti kami menargetkan bisa mencapai Rp 10 miliar,” pungkasnya. [dny/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev