Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pehobi Koi Magetan Ini Berbagi Pengalaman Berharga

Memanjakan koi tak harus dengan memberikan makan teratur tapi juga diajak bermain. ( Foto: Figha Setia Pribadi)

Magetan (beritajatim.com) – Koi. Siapa yang tidak kenal ikan hias air tawar ini. Kelincahan dan warnanya yang menarik perhatian mampu membuat mata kepincut dan jatuh hati ketika melihatnya.

Salah satu yang jatuh cinta adalah Figha Setia Pribadi. Kecintaannya pada koi mampu membuahkan hasil yang sebanding.

Tak tanggung-tanggung sejak awal 2015 sampai saat ini puluhan event kejuaraan nasional, Magetan Nishikigoi selalu menyambar predikat juara diberbagai kategori dan ukuran ikan koi. Bahkan pada gelaran Asia Cup Koi Show di Jakarta 2017 lalu mampu menyabet Best In Size dengan jenis Koi Koromo. Terakhir, 28-30 Mei kemarin pada gelaran event Tulungagung Festival Koi Show timnya mampu raih kategori Most Point.

Selain untuk hobi, Figha juga menjadikannya sebagai lahan bisnis dengan menjual bibit atau koi yang sudah siap mengkuti kejuaraan. Tidak hanya dari lokal kota saja namun koi peliharaanya sudah terjual di penjuru kota-kota di Indonesia. Bahkan 2017 lalu koinya terjual ke Filipina.

Memanjakan koi tak harus dengan memberikan makan teratur tapi juga diajak bermain. ( Foto: Figha Setia Pribadi)

Harganya pun bervariasi, mulai ratusan ribu sampai puluhunan juta berdasarkan dari kwalitas, kulit, tubuh, warna serta pola. Adapun omset dari penjualan koi saat ini mencapai 15-20 juta perbulan.

‘’Selain hobi, hal ini juga mampu meningkatkan nilai jual dan investasi, soalnya koi yang kita bawa saat event kalau menang harga jualnya mampu berkali lipat,’’ jelasnya.

Jatuh bangun dalam merintis usahanya pasti dialami. Salah satunya pada saat musim pancaroba. Ikan rentan akan terkena penyakit seperti jamur dan bakteri. Namun masih mampu diatasi dengan pengobatan yang tepat. Selain itu kendala selanjutnya jika listrik padam. Karena akan mengganggu sistem filtrasi yangmana hal tersebut merupakan hal yang utama untuk ikan koi.

‘’Suhu harus pas, juga ada karantina sebelum pindah kolam, apalagi pengiriman ke luar daerah,’’ katanya.

Seperti yang dikatakan Figha, ke depannya nanti, Magetan Nishikigoi akan menggelar event nasional di Magetan. Hal tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan pada khalayak untuk mengenal lebih jauh tentang potensi koi di Magetan serta mampu membangkitkan roda perekonomian Magetan.

‘’Memang saat ini kami mengambil ikan dari peternak luar kota, semoga kedepannya nanti Magetan mampu mengembangkan sendiri,’’harapnya. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar