Ekbis

Pasokan Listrik di Jember Berlebih

Hadi Saputra

Jember (beritajatim.com) – Pasokan listrik di Kabupaten Jember, Jawa Timur, ternyata berlebih. Hal ini disampaikan Manajer Perencanaan PT PLN Distribusi Jawa Timur Hadi Saputra sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember, dalam rapat di Surabaya, Rabu (12/6/2019) kemarin.

Saat ini pasokan listrik untuk Jawa Timur hampir 2000 megawatt lebih. Sebagian dikirim ke Jawa Tengah dan Bali. Ada sejumlah gardu induk yang mendukung pasokan listrik di Jember sehingga aman. “Tapi dari sisi rasio elektrifikasi, penggunaan listrik di rumah tangga masih rendah,” kata Hadi.

Ada dua faktor kemungkinan. Pertama, masih ada desa yang belum berlistrik. Kedua, sudah menikmati listrik. “Namun dia menggunakan tarif di luar tarif ‘R’” kata Hadi.

Menurut Hadi, rasio tidak harus seratus persen. “Yang paling penting semua masyarakat, semua warga, itu bisa mendapatkan listrik. Itu yang paling penting buat kita,” katanya. Dilihat dari data rasio elektrifikasi Bulan Februari 2019,Kabupaten Jember 87,56 persen,Probolinggo 86,13 persen, Situbondo 76,19 persen, dan Kabupaten Bondowoso 73,52 persen. “Dengan urgensi kebutuhan updating dan validasi data yang akurat dan aktual,” katanya. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar