Ekbis

Pasar Semi Modern Blok A Sumenep Tak Diminati Pedagang

Sumenep (beritajatim.com) – Pasar Anom Baru blok A yang disulap menjadi pasar modern ternyata tidak diminati pedagang. Hanya ada beberapa toko yang ditempati. Sedangkan toko-toko di lantai II, kosong tak ada yang mau menempati.

“Pemanfataan Pasar Anom Blok A sejauh ini memang belum maksimal. Karena itu, kami berharap agar pengelola pasar blok A bisa memaksimalkan upaya agar pasar ini diminati pedagang,” kata Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Nurus Salam saat melakukan sidak di pasar tersebut, Rabu (13/02/2019).

Pasar semi modern tersebut dibangun untuk relokasi pedagang pasar Anom yang kiosnya terbakar beberapa tahun lalu. Namun pada kenyataannya, toko-toko di pasar blok A tersebut justru tidak diminati para pedagang.

“Ada beberapa metodoe yang bisa dipakai pengelola pasar blok A untuk menarik minat pedagang. Diantaranya dengan menyediakan sarana yang cukup memadai,” ujar Nurus Salam.

Pria yang karib disapa Oyok ini menduga, salah satu penyebab tidak diminatinya toko-toko di lantai II, karena pedagang khawatir pembeli enggan naik turun lantai pasar.

“Mungkin salah satu alternatif solusinya adalah menyediakan lahan parkir di lantai II. Selama ini kan parkir hanya di lantai I. Jadi orang enggan untuk naik. Kalau ada parkir di lantai II kan lebih enak,” ucapnya.

Toko-toko di lantai II tak diminati pedagang

Ketika disinggung kemungkinan mahalnya harga kios sehingga memberatkan pedagang yang akan menyewanya, Oyok membantah. Ia meyakini, bukan soal harga yang membuat pedagang enggan menempati pasar Anom Blok A.

“Pengelola pasar blok A ini pernah menggratiskan uang sewa selama setahun pertama. Tahun berikutnya baru bayar. Tapi ternyata tetap saja kurang diminati pedagang,” tuturnya.

Akibat lama tidak ditempati, sejumlah kios dan toko di pasar semi modern itu terlihat kumuh dan kotor.

“Kami akan lakukan evaluasi bersama pengelola pasar, untuk merumuskan metodologi yang mampu menarik minat pedagang untuk menempati pasar blok A,” tukasnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar