Ekbis

Pasar Legi Dilengkapi dengan Sistem dan Alat Proteksi Kebakaran

Gedung Pasar Legi Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pasar Legi sudah selesai dibangun. Bangunan megah kebanggaan kota reyog ini pun dilengkapi dengan sistem proteksi terhadap kebakaran. Agar kebakaran yang terjadi 2 kali terhadap pasar ini tidak akan terulang lagi. Proteksi tersebut adalah identifikasi fire alarm system.

“Cara kerja alat ini adalah bekerja otomatis saat di dalam ruangan terdeteksi suhunya panas,” kata Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Iwan Suprijanto, Rabu (10/2/2021).

Kemudian, fire sprinkler system otomatis akan mengeluarkan air jika suhu ruangan sudah mencapai 68 derajat celcius. Iwan menyebut ada kurang lebih 300 sprinkler yang terpasang di setiap lantai Pasar Legi. Sehingga alat tersebut dinilai efekti untuk memcegah kebakaran di gedung yang menelan anggaran sebanyak Rp 133 miliar tersebut.

“Api sekecil apapun akan terdeteksi. Sehingga diharapkan bisa segera di tangani jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” katanya.

Di setiap lantai juga disediakan fire hydrants. Kotak berwarna merah itu juga menyimpan peralatan pipa, katup dan tempat penyimpanan air. Dia menyebut jika jumlah fire hydrant di setiap lantainya tidak sama. Tergantung dari ukuran resiko kebakaran di setiap lantai.

Proteksi kebakaran juga bisa dari pilihan zonasi dagangnya. Zona basah tingkat risiko kebakarannya rendah. Sistem proteksinya dibedakan dengan zona kering yang potensi kebakarannya tinggi. Jadi mitigasi sangat diperlukan untuk memperkirakan gedung mana yang memerlukan proteksi yang tinggi.

“Sistem dan alat proteksi di Pasar Legi ini sudah sangat memadahi. Kami berharap warga atau pedagang juga ikut menjaganya,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar