Ekbis

Panen Diperkirakan Mei, PT Garam Target Produksi 400.000 Ton

Petani garam tengah menggarap lahan PT Garam [foto: temmy]

Sumenep (beritajatim.com) – Panen garam tahun 2021 diperkirakan dimulai pada Mei – Juni, tergantung pada musim. Direktur Utama PT Garam (Persero), Achmad Ardianto berharap agar musim berjalan normal, sehingga garam bisa panen tepat waktu.

“Panen garam memang sangat dipengaruhi musim. Semoga saja tidak terjadi badai La Nina yang bisa menyebabkan tingginya intensitas hujan. Semoga saja Mei atau Juni lah paling tidak, sudah bisa mulai panen,” katanya, Senin (22/3/2021).

Ia menerangkan, apabila kondisi cuaca normal, maka dalam satu tahun, diharapkan mampu panen 12-17 kali. “Kami hitungannya per dasarian ya, atau 10 harian. Tapi sekali lagi, semuanya memang tergantung cuaca,” ujarnya.

Ardianto menuturkan, untuk produksi garam tahun ini, PT Garam (Persero) menargetkan sebanyak 400.000 ton. Kuota tersebut akan dipenuhi dari produksi PT Garam, dan sewa lahan masyarakat dengan sistem bagi hasil. “Kami juga ingin bisa menyerap garam rakyat, apabila harganya pas,” ungkapnya.

Lahan pegaraman milik PT Garam (Persero) di Pulau Madura terbesar berada di Kabupaten Sumenep seluas 2.600 hektar. Kemudian di Pamekasan seluas 850 hektar dan Sampang 1.100 hektar. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar