Iklan Banner Sukun
Ekbis

Pandemi Tak Menghentikan Obsesi Orangtua Untuk Menyisihkan Dana Pendidikan

Surabaya (beritajatim.com) – 74,7% masyarakat masih menempatkan pendidikan sebagai prioritas pengeluaran utama meski di tengah pandemi. Namun sayangnya, hanya sedikit orang tua yang memiliki perencanaan finansial, terbukti dari survei lainnya yang memperlihatkan baru 25% masyarakat yang mempersiapkan perlindungan untuk dana pendidikan anak mereka

Hal ini diungkapkan oleh Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia yang akhirnya meluncurkan solusi Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah (PRUCerah). Melalui program terbaru diharapkan keinginan orangtua menyediakan akses ke pendidikan tidak hanya menjadi ambisi, namun juga menjadi tanggung jawab setiap orang tua.

“PRUCerah merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan,” katanya saat konferensi pers via Zoom, Kamis (8/7/2021).

Faktanya, kenaikan biaya pendidikan, terutama pendidikan tinggi, terus terjadi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi dari sektor pendidikan mencapai 3,81% pada 2019, sedangkan rata-rata kenaikan uang pangkal pendidikan mencapai 10-15% per tahunnya

“Inovasi PRUCerah yang kami luncurkan hari ini merupakan produk asuransi jiwa yang diharapkan dapat membantu memastikan bahwa perjalanan panjang orang tua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi anak-anak terus terlindungi secara optimal dari berbagai risiko. Inovasi ini juga merupakan wujud keseriusan kami dalam mendukung kemajuan sektor edukasi yang telah menjadi prioritas perusahaan sejak lama, dan bahkan menjadi salah satu pilar utama inisiatif Community Investment Prudential Indonesia,” sambung Jens.

“PRUCerah ditujukan bagi orang tua berusia 19-55 tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak mereka (usia 1-18 tahun) dengan pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel yaitu selama 5 tahun atau hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi. PRUCerah tidak hanya menawarkan manfaat dana pendidikan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk pendidikan tinggi, namun juga memberikan manfaat bebas kontribusi ketika orang tua meninggal dunia, menderita cacat total dan tetap atau kondisi kritis,” tambah Himawan Purnama, Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia.

Ivan Ahda, Pegiat Pendidikan dan Ketua Jaringan Semua Murid Semua Guru turut menekankan pentingnya peranan orang tua untuk menyediakan akses ke pendidikan yang lebih tinggi bagi anak-anak mereka.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan akan makin ketat dan kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi akan diperlukan. Selain bekal pendidikan formal, generasi mendatang harus mampu memiliki fleksibilitas kognitif, berpikir kritis, memecahkan masalah, kreatif, dan bekerja sama dengan orang lain, yang semuanya bisa berkembang dan terbentuk selama di pendidikan tinggi. Dengan makin kompleksnya kebutuhan di masa depan, orang tua harus mempersiapkan masa depan anak dari berbagai sisi, mulai dari pendidikan formal hingga pelatihan soft-skill.”

Artis Donita Nugroho, selebritas dan juga kini sudah menjadi ibu 2 anak ini pun mengamininya bahwa alokasi dana untuk pendidikan wajib dipikirkan sejak dini.

“Saya dan suami sama-sama dibesarkan oleh figur orang tua yang memperjuangkan pendidikan, sehingga semangat ini pula yang kami terapkan sekarang,” tandasnya.[rea]

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar