Ekbis

Pandemi, Koperasi Diminta Lakukan Percepatan Ekonomi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad meyakini dengan digitilasasi, koperasi akan lebih maju. Selain itu, ia berharap koperasi bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Yang paling pokok pada situasi pandemi seperti ini adalah percepatan pemulihan ekonomi,” kata Fadel Muhammad saat diskusi perkoperasian, di Kantor Dekopin Jatim, Jalan Juanda Sidoarjo, Kamis (4/2/2021).

Fadel berharap koperasi di Jawa Timur membantu pemulihan ekonomi pada masa pandemi ini. Sehingga koperasi mengambil peran, entah itu dari sisi manapun. “Selaku Wakil Ketua MPR RI, saya akan perhatikan dan memberi bantuan atau subsidi,” janjinya.

Menurut Fadel, hari ini perkoperasian di Jatim cukup bagus, meskipun ada penurunan. Dan itupun perlu disadari karena Indonesia secara keseluruhan mengalami hal yang sama. “Ini karena kurangnya perhatian dari pemerintah. UU koperasi saja hingga sekarang belum selesai,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengatakan, kondisi koperasi di Jatim mengalami kontraksi, tetapi secara umum tetap tangguh apalagi di masa pandemi. “Kondisi koperasi mengalami kontraksi secara umum, tapi ini relatif masih tangguh,” terangnya.

Menurutnya, data yang ada di Jatim lembaga koperasi sebanyak 34 ribu koperasi. Tetapi koperasi yang aktif sekitar 22 ribuan lembaga. Selebihnya lembaga koperasi mati hanya ada lembaganya. “Dalam waktu dekat kita untuk mapping lagi koperasi mulai dari satu hingga rangking 10 untuk diberi bantuan,” tegasnya. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar